HETANEWS

Jaga Kesehatan Tulangmu dengan Makanan Ini

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Hetanews.com - Tulang memerlukan nutrisi khusus agar kekuatannya tetap terjaga. Biasanya nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan melalui makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D tinggi. Tetapi ternyata magnesium, lemak omega dan protein juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Usia 25 tahun ke atas merupakan masa yang tepat untuk mulai memperhatikan kesehatan tulang. Dilansir dari unlockfood.ca, pada masa itu, tulang akan kehilangan massa dan kekuatan akibat kondisi hormon dan imun tubuh yang semakin menurun.

Akibatnya risiko terkena penyakit osteoporosis semakin tinggi. Tulang semakin rapuh dan mudah patah. Tetapi jangan khawatir, kamu bisa menjaga kesehatan tulang sejak dini dengan mengkonsumsi makanan berikut ini.

1. Keju

Protein dalam keju baik untuk kesehatan tulang. (Foto: Pixabay/Efraimstochter)
Protein dalam keju baik untuk kesehatan tulang. (Foto: Pixabay/Efraimstochter)

Siapa yang tidak menyukai keju? Apalagi jika sudah meleleh di atas pizza yang nikmat. Hmmm... Lezat! Keju bisa dinikmati dalam berbagai hidangan.

Di dalamnya terdapat kandungan protein yang dibutuhkan untuk menutrisi tulang. Kalorinya juga cukup rendah sehingga kamu tidak perlu khawatir.

2. Kacang

Vitamin K dalam kacang dibutuhkan untuk kepadatan tulang. (Foto: Pixabay/stevepb)
Vitamin K dalam kacang dibutuhkan untuk kepadatan tulang. (Foto: Pixabay/stevepb)

Kacang merupakan camilan yang sering disuguhkan di Indonesia. Rasa gurihnya sangat menggugah selera. Walaupun kacang terkenal dengan lemak tinggi, tetapi ternyata terdapat kandungan kalsium dan vitamin K yang sangat bagus untuk kesehatan tulang.Kacang juga mengandung magnesium dan mineral yang menunjang kepadatan tulang.

3. Ikan Salmon

Khasiat ikan salmon memang tidak perlu diragukan lagi. Selain nikmat, salmon ternyata bagus untuk tulang. Ikan salmon disebut-sebut sebagai salah satu sumber protein. Selain itu terdapat kandungan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pembentukan jaringan otak.

Ikan salon disebut sebagai sumber protein. (Foto: Pixabay/Shutterbug75)
Ikan salon disebut sebagai sumber protein. (Foto: Pixabay/Shutterbug75)​​​​​​

4. Kale

Kale mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. (Foto: Pixabay/Capri23auto)
Kale mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. (Foto: Pixabay/Capri23auto)

Si hijau yang sedang digandrungi oleh para influencer ini sangat cocok untuk orang yang sedang diet. Bagaimana tidak? Di dalam kale terkandung hampir semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan kalsiumnya sangat tinggi. 

Sumber: merahputih.com

Editor: tom.