HETANEWS

Ragam Persoalan ASN: Mentalitas Priyayi hingga Politisasi Birokrasi

Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo fokus pada reformasi birokrasi di lingkup pemerintahan. Namun, masih banyak PR yang harus diselesaikan oleh pemerintah.

Guru Besar IPDN Djohermansyah Djohan mengungkapkan persoalan birokrasi Indonesia beragam. Mulai dari etos kerja hingga mentalitas para ASN.

"Persoalan PNS banyak. Satu yaitu mentalitas priyayi, seolah merasa berkuasa itu belum hilang. Lalu juga bad service atau pelayanan yang buruk," ungkap Djohan dalam Diskusi Polemik, di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12).

Selain itu, Djohan juga menyoroti pelaksanaan mutasi dan promosi yang menurutnya masih perlu perbaikan serius. Menurutnya, banyak proses mutasi dan promosi yang tidak sesuai ketentuan.

"Bahkan terjadi jual beli jabatan," ungkapnya.

Tak cukup di situ, Djohan menyebut perilaku koruptif seperti pungutan liar hingga politisasi birokrasi juga menjadi persoalan penting yang harus diselesaikan demi lingkungan kepegawaian yang sehat. Khususnya politisasi birokrasi yang dinilai terlihat jelas saat Pemilu 2019.

"Lalu yang paling memprihatinkan adalah politisasi birokrasi. Bagaimana petahana cenderung mempolitisasi PNS. Karena itu petahana ketika maju lagi harus cuti di luar tanggungan negara," kata dia.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.