HETANEWS

Amien Sindir Zulhas Dukung Jokowi: Kalau Nabi Muhammad Tanpa Syarat

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais saat Rapat Kerja Nasional PAN Tahun 2019 di Millennium Hotel, Jakarta Pusat

Jakarta, hetanews.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, menyindir sikap Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) yang mendukung Presiden Joko Widodo tanpa syarat.

Amien Rais menyayangkan sikap Zulhas itu. Karena menurut Amien, Zulhas terlalu takut dan patuh pada sosok seseorang.

Menurut Amien, bentuk dukungan terhadap tokoh atau elite jelas harus didasarkan pada syarat tertentu, berbeda dengan bentuk dukungan terhadap tokoh agama.

"Yang saya betul-betul tidak paham ada tokoh PAN, kok takut sama orang gitu loh. Aku dukung tanpa syarat. Saudara sekalian, saya menangis," ujar Amien Rais saat berbicara di Rakernas PAN 2019 di Hotel Milennium, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12).

"Kalau Nabi Muhammad kita dukung tanpa syarat, iya. Tapi kalau manusia seperti saya dan Anda, masak tanpa syarat," sambungnya.

Permasalahan tersebut menurut Amien akan dibahas kembali secara mendetail dalam rapat internal partai yang sifatnya lebih tertutup. "Ini akan saya perbincangkan nanti dalam sidang," ucap Amien.

Amien pun membandingkan beda antara kader sejati dan kader yang menurutnya tak sejati. Dia menceritakan beda dua sikap ibu pada zaman nabi yang memperebutkan hak atas seorang bayi.

"Ketika ditanya Nabi Sulaiman: ibu A apakah ini bayimu? ibu A katakan, 'Raja Sulaiman itu anak kandungku. si ibu B juga katakan, 'itu anak kandungku'," cerita Amien.

"Nabi Sulaiman yang bijak mengambil pedang kemudian mengatakan kalau begitu aku belah jadi dua masing-masing separuh. Yang ibu asli itu jungkir balik menangis meraung-raung tolong-tolong berikan kepada dia. Sementara bukan ibu asli, ya, gagah bagi saja dua enggak masalah," lanjut Amien.

Cerita tersebut menurut Amien patut diteladani dan dilakukan oleh seluruh kader PAN yakni dengan menempatkan kepentingan partai di atas segala-galanya. Amien menuturkan akan menindak tegas kader yang dinilainya hanya memikirkan kepentingannya semata.

Amien Rais, Rakernas V PAN
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais saat Rapat Kerja Nasional PAN Tahun 2019 di Millennium Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12).

"Kader PAN insya Allah yang lebih kuat yang sejati itu. Tapi kalau hanya akan ditunggangi sesaat, itu yang saya akan mengambil perhitungan. Apa perhitungan itu? tentu tunggu tanggal mainnya," kata Amien.

Sebelumnya, Zulhas pernah bicara soal sikap politik partainya dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin kelak. Salah satunya, Zulhas memastikan PAN mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf tanpa syarat. Ia mengatakan PAN akan berjuang demi kepentingan bangsa dan negara serta kesejahteraan rakyat.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.