HETANEWS

Selalu Berakhir di Tong Sampah, Kulit Pisang Punya 4 Faedah Tersembunyi

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Hetanews.com - Selama ini, banyak orang yang lebih memilih untuk membuang bagian kulit setelah memakan ataupun mengolah buah pisang, padahal bagian satu ini mempunyai beragam manfaat tersembunyi.

Kulit pisang ternyata memiliki banyak kegunaan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyubur Tanaman

Di dalam kulit pisang, terdapat berbagai macam nutrisi, di antaranya karbohidrat, magnesium, vitamin B, dan juga serat yang cocok digunakan sebagai pupuk alami untuk tanaman

Untuk mendapatkan hasil optimal, kubur kulit pisang sedalam 25 mm di bawah tanah dan kebutuhan nutrisi dari tanaman milikmu akan terpenuhi serta bebas dari serangan kutu daun.

Buat kamu yang suka masak, terutama daging, kulit pisang bisa membuat bahan makanan yang satu itu menjadi lebih empuk ketika dimakan.

Caranya, taruh aja kulit pisang ke dalam tempat yang kita pakai untuk meletakkan daging ketika akan dimasak.

Kulit pisang akan menjaga kelembapan yang nantinya akan membuat daging terasa lebih lembut ketika dimakan.

Meringankan Rasa Nyeri dan Gatal

Menurut sebuah riset yang ada di Journal of Medical Association of Thailand, ekstrak kulit pisang bisa mengatasi gangguan kulit akibat gigitan serangga karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Selain itu, kulit pisang dikatakan juga mampu melindungi kulit kita dari jahatnya sengatan sinar matahari.

Buat kalian yang belum tahu, pisang memiliki kandungan mineral di dalamnya yang bisa kita manfaatkan untuk menyemir sepatu. Caranya gampang kok, cukup buang serabut yang ada pada kulit pisang terus gosok deh menggunakan bagian dalamnya sampai menipis.

Setelah kalian ngeras kulit pisangnya udah tipis, langsung bersihkan sepatu kalian dengan tisu handuk dan... jadi kinclong tanpa ada bau-bau nggak enak kayak semir sepatu.

Sumber: hai.grid.id

Editor: tom.