HETANEWS

Cara Mudah Cek Kecepatan Internet Dengan Speedtest

Foto: Infografis, Arie Pratama

Jakarta, hetanews.com - Internet kini menjadi salah satu kebutuhan primer manusia perkotaan. Tak terbayangkan seperti apa rasanya hidup tanpa internet di zaman kini.

Bila internet tersedia, syarat lainnya adalah kecepatannya. Pasalnya, internet lambat atau lemot sering bikin kesal dan memicu kemarahan. Nah, ada baiknya untuk mengecek kecepatan internet yang digunakan. Sudah banyak aplikasi pengecek kecepatan internet di Google Play Store.

Salah satu yang populer adalah Speedtest yang dikembangkan Ookla. Aplikasi ini sudah didownload lebih dari 100 juta kali. Aplikasi ini bisa dicoba di laptop dengan mengunjungi Speedtest.net.

Nah, sebelum menggunakannya, ada baiknya menggunakan istilah-istilah yang ada pada aplikasi ini:
Ping merupakan fitur ini berfungsi untuk mengetahui seberapa cepat perangkat mendapatkan respons setelah mengirimmkan permintaan. Alat ukurnya milidetik (miliseconds). Semakin rendah nilai Ping, semakin berkualitas koneksi internet.

Download Speed menunjukkan seberapa cepat kecepatan download koneksi internet yang digunakan. Pengukurannya menggunakan megabits per second (Mbps).

Upload Speed mengukur seberapa cepat koneksi internet yang digunakan untuk mengungah data di perangkat. Pengukurannya menggunakan megabits per second (Mbps).

Cara menggunakan Speedtest juga cukup mudah. Klik tombol Go yang ada di aplikasi dan situs Speedtest.net dan tunggu hingga proses tes selesai sehingga hasil uji kecepatan bisa dilihat.

Sumber: cnbcindonesia.com

Editor: tom.