HETANEWS

Gugatan Ganti Rugi Tol Ditolak Pengadilan, 91 Penggugat Teriaki PN Simalungun

Puluhan penggugat dan bersama beberapa warga, meneriaki PN Simalungun. Mereka tidak terima atas putusan hakim PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Hendrawan Nainggolan, beranggotakan  Nasfi Firdaus dan Mince Ginting, dibantu panitera, Amryata Siregar SH, menolak gugatan 91 warga Nagori Bandar Masilam untuk seluruhnya, Kamis (5/12/2019), lalu.              

Menurut hakim,  bahwa gugatan para penggugat  yang menggugat pihak BPN (Badan Pertanahan Negara) Sumut dan KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) Fung's Zulkarnaen, dengan nomor perkara:  86/PDT.G/2019/PN.Sim, telah diajukan secara tidak sempurna dan tidak memenuhi syarat formil.

Untuk itu, menyatakan gugatan ditolak untuk seluruhnya, kata hakim.

Pembacaan putusan tersebut, dibacakan dalam persidangan terbuka untuk umum dan di hadapan kuasa penggugat, Ranto Sibarani SH dkk dan kuasa tergugat dari KJPP dan BPN Sumut.               

Usai persidangan, puluhan penggugat dan bersama beberapa warga, meneriaki PN Simalungun. Mereka tidak terima atas putusan hakim PN Simalungun.

Awalnya, para penggugat melalui kuasa hukumnya,  Ranto Sibarani SH dkk, pengacara dari Medan, menggugat para tergugat karena tidak sependapat dan tidak dapat menerima besaran ganti kerugian atas bidang tanah para penggugat  yang akan digunakan  untuk  pembangunan jalan tol jurusan Kuala Tanjung - Tebing Tinggi, di Desa Bandar Rejo dan Desa Pertimbalan. 

Baca juga: Bangun Jalan Tol, Ranto Cs Tuntut Ganti Rugi Tanah Sesuai Harga Pasaran              

Para penggugat, meminta agar pemerintah ataupun pihak KJPP membayar tanah yang terdampak tol dibayar dengan harga yang sewajarnya.

Atas putusan tersebut, pihak penggugat akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung RI, di Jakarta. Para pihak Penggugat, akhirnya meninggalkan kantor pengadilan tersebut dengan tertib.

Demikian dikatakan humas PN Simalungun, Aries Ginting, ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (6/12/2019).

                

Penulis: ay. Editor: gun.