HETANEWS

Ihwal Kokohnya Lini Belakang Timnas U-23 di Ajang SEA Games

Pemain Timnas U-23 Indonesia Saddil Ramdani (kiri) melakukan selebrasi bersama Evan Dimas di Stadion City of Imus Grandstand, Filipina

Jakarta, hetanews.com - Timnas U-23 Indonesia berhasil menggenggam tiket ke babak semifinal SEA Games 2019. Kepastian didapatkan usai mengalahkan Laos 4-0 pada laga terakhir Grup B di Imus Grandstand Stadium, Kamis (5/12/2019).

Hasil ini membuat 'Garuda Muda' finis sebagai runner-up grup dengan koleksi 12 angka, terpaut satu poin dari Vietnam sebagai pemuncak klasemen.

Timnas U-23 Indonesia vs Laos
Pemain Timnas U-23 Indonesia Saddil Ramdani (kedua kiri) melakukan selebrasi, Kamis (5/12). 

Namun, bukan hanya kelolosan ke semifinal yang membuat performa Timnas U-23 sejauh ini ciamik.Adalah kokohnya lini belakang yang menjadi salah satu kunci keberhasilan melangkah ke fase gugur. Dari lima laga, skuat arahan Indra Sjafri tersebut sukses mencetak 17 gol dan hanya kebobolan dua kali --semuanya tercipta saat melawan Vietnam.

Bek sekaligus kapten Timnas U-23, Andy Setyo Nugroho, lantas membeberkan kiat-kiat kuatnya lini pertahanan. Yang paling kunci menurutnya adalah komunikasi antarlini dan barisan pemain belakang.

"Buat saya tak ada kendala. Kami sudah bergabung sejak lama, kami sudah tahu karakter masing-masing pemain di belakang. Yang jelas, komunikasi itu penting, yakni komunikasi antarpemain," kata Andy saat ditemui di mixed zone.

Andy Setyo (C)
Pemain Timnas U-23 Indonesia, Andy Setyo. Foto: kumparan/Aditia Rijki Nugraha

Penggawa Tira-Persikabo itu pun mengaku tidak menemui hambatan berarti ketika Indra mengubah pakem permainan menjadi tiga bek. Ya, dalam beberapa kesempatan, Indra kerap mengubah skema dasar 4-3-3 menjadi 3-4-3.

"Tidak ada masalah sama sekali. Asal komunikasi jalan, semuanya nyaman. Yang jelas itu bukan saya saja. Semua pemain bekerja keras di situ (lini belakang) buat mempertahankan agar tidak kebobolan," tuturnya.

Sementara itu, di babak semifinal Timnas U-23 bakal bersua Myanmar. Laga tersebut akan berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, pada Sabtu (7/12).

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.