HETANEWS

Walikota Tak Hadir pada Sidang Perdana Gugatan Budi Utari

Siantar, Hetanews.com - Sidang perdana gugatan mantan Sekda, Budi Utari, pada Rabu kemarin masih agenda pembacaan materi gugatan. Walikota Pematangsiantar Hefriansyah sebagai tergugat tidak hadir. 

Budi Utari menjelaskan, adapun materi gugatan diantaranya terkait dengan pemeriksaan dirinya di inspektorat Provinsi Sumut. Pemeriksaan itu atas permintaan Walikota, yang dia nilai ada kesalahan prosedur.

"Ada pelanggaran dalam pemeriksaan, karena tidak sesuai PP 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. Selain itu di surat pemanggilan yang dilakukan oleh Walikota kita juga sampaikan ada prosedur yang salah" jelasnya, Kamis (5/12/2019).

"Sebelumnya kita kan sudah ke Komisioner Aparatur Sipil Negara (KASN), dan SK pertama kan sudah dianulir dengan nomor 800/556/IX/WK-tahun 2019 tertanggal 24 September 2019. Maka kita ke PTUN Medan,"jelasnya.

Tak cuma itu, kata Budi, gugatan yang ditempuhnya ke PTUN Medan ini juga saran dari sahabat dan para ASN di Pemko Siantar. "Selain itu, dukungan dan doa keluarga juga kuat," imbuhnya.

Dalam sidang perdana ini, Walikota Hefriansyah, sebagai tergugat tidak menghadiri persidangan. Ia diwakilkan oleh Kabag Hukum Pemko Pematangsiantar, Hery Oktarizal. 

Ketidakhadiran Walikota Pematangsiantar itu dibenarkan oleh Kabag Humas Pemko Pematangsiantar, Hamam Sholeh. "Iya, beliau diwakilkan oleh Kabag Hukum. Walikota masih di sini, di Siantar," kata Hamam, Rabu kemarin.

Sidang lanjutan yang digelar di PTUN Medan akan digelar pada Rabu pekan depan.

"Dalam sidang perdana ini, tergugat mendengar gugatan kita yang diwakilkan oleh Kabag Hukum, Hery Oktarizal. Untuk sidang kedua akan kembali dilakukan pada Rabu depan," kata Budi Utari. 

Untuk diketahui, situs resmi PTUN Medan, perkara gugatan Budi Utari sudah terregistrasi dengan nomor 294/ G/ 2029/ PTUN MDN, terhitung didaftarkan sejak 25 November 2019 lalu. 

Perihal gugatan soal kepegawaian dengan tergugat Walikota Pematangsiantar dan penggugat adalah Budi Utari Siregar.

Baca juga: Ini Penjelasan Budi Utari Melakukan Gugatan Atas Pencopotan Jabatannya

Penulis: gee. Editor: edo.