HETANEWS

Miris, 6 Orang Guru di Sekolah Madrasah Aliyah 27 Dolok Merawan 5 Bulan Tak Digaji

Foto Sekolah Mas Alwashliyah 27 Dolok Merawan dari depan. (foto/dmk)

Sergai, hetanews.com - Miris memang melihat apa yang dialami beberapa guru yang telah mengabdikan dirinya sebagai tenaga pendidik, di Sekolah Madrasah Aliyah Alwashliyah 27, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). 

Sebab menurut informasi yang dihimpun hetanews.com, Selasa (3/12/2019), lalu, dari salah seorang mantan guru di sana, bernama M Harjun Sinaga, ada 6 orang guru, termasuk dirinya dan istrinya, tidak diberikan haknya alias gaji oleh Kepala Sekolah Aliyah yang bernama Sukarmanto, hingga saat ini. 

Ia juga menjelaskan, selain dirinya dan istrinya, 4 orang temannya juga telah keluar atau tidak mengajar lagi, di sekolah tersebut, yaitu sejak sekitar dua bulan yang lalu.

"Kami sudah keluar dari sekolah itu bang. Tapi hingga saat ini, gaji kami tidak diberikan bang. Kami ada 6 orang semua. Masing - masing kalau tidak salah, 5 bulan kami tidak digaji," ucapnya dan diamini istrinya, di kediamannya. 

Lebih lanjut, dikatakannya, "Kitakan sekolah agama, tapi tali silaturahmi itu tidak ada. Apalagi logo kitakan Alwasliyah. Alwasliyah ini kan menjunjung tinggi persatuan serta kekeluargaan,"ujarnya.

Untuk itu, Harjun berharap agar gaji mereka yang telah mengabdikan jiwa dan raganya menjadi guru di sana  selama 5 bulan, diberikan  Kepala Sekolah.  

Diketahui, gaji guru yang mengajar di sekolah tersebut bervariasi. Ada juga yang menerima Rp300 rb/ bulan hingga Rp600 rb / bulan. Sedangkan pembayaran uang sekolah setiap bulannya Rp70 rb / bulan dengan jumlah siswa sekitar 70 orang. 

Sementara itu, Kepala Sekolah, Sukarmanto melalui Wakil Kepala Sekolah, Subahri saat dikonfimasi hetanews.com terkait hal ini, via handphone, di hari yang sama,  membenarkan  kejadian ini.

Namun menurutnya, itu dikarenakan 6 orang ini tidak datang ke sekolah menemui kepala sekolah. "Kalau mereka datang ke sekolah, kan bisa diusahakan oleh kepala sekolah bang," ungkapnya seraya berkata "saya juga belum nerima gaji bang"pungkasnya kembali. 

Dengan pengabdian guru di sana yang sungguh - sungguh mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk mencerdaskan siswa/i-nya, maka sangat disayangkan, malah mendapat perlakuan yang  ‘semena - mena’ dari seorang Kepala sekolah.  

Penulis: dmk. Editor: gun.