HETANEWS

Rumah Ini Didesain Serba Runcing, tetapi Hangat dan Fungsional

The Ranch Mine ciptakan halaman rumah modern di gurun Arizona (dezeen.com)

Jakarta, hetanews.com -  Studio Amerika, The Ranch Mine, telah menyelesaikan hunian di Phoenix yang menampilkan perpaduan volume runcing dan datar yang dibungkus dengan logam bergelombang, plesteran putih, dan kayu coklat madu.  Rumah ini terletak di dekat Dreamy Draw Mountain Preserve, tepat di utara Uptown Phoenix.

Pemilik rumah membeli properti ini lebih dari satu dekade lalu karena tertarik dengan topografi alami dan ruang terbuka. Sejatinya, lokasi rumah ini sudah dibangun sejak tahun 1952, kemudian direncanakan oleh klien untuk direnovasi begitu mereka menemukan arsitek yang tepat.

"Tujuan mereka adalah untuk merombak rumah agar sesuai dengan gaya hidup mereka, gaya modern tetapi hangat, fungsional tetapi asli, minimalis tetapi mengundang," terang perusahaan The Ranch Mine.

Tim tersebut menyusun hunian berbentuk U yang diatur di sekitar halaman tengah dengan kolam renang. Fondasi rumah asli dipertahankan, tetapi sisa bangunan dihancurkan.

"Untuk menghemat uang, fondasi rumah asli digunakan kembali dan ruang dirancang ulang agar sesuai dengan kamar tidur, termasuk kamar utama yang kurang sebelumnya," kata studio The Ranch Mine.
 

Foto: dezeen.com

Tiga volume yang membentuk tempat tinggal seluas 1.7250 meter persegi ini masing-masing memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Satu memiliki atap yang tinggi dan lancip ini meliputi zona publik. Dalam menyesuaikan volume ini adalah bar rendah berisi kamar tidur.

Komponen ketiga, garasi dan bengkel, juga memiliki atap runcing. Terletak di bagian belakang properti, area ini diakses melalui jalan kerikil yang membentang di samping rumah. Fasad dibungkus dengan campuran kayu hemlock, logam gelap dan plesteran putih. Untuk estetika eksterior, tim mengambil isyarat dari kaktus saguaro, yang merupakan tanaman asli daerah tersebut.

" Rumah itu mengambil namanya, Pleats, dari logam bergelombang yang membungkus volume atap runcing, mengingatkan pada bagian luar lipatan kaktus," terang The Ranch Mine.

Ruang interior menyediakan tempat berlindung dari sinar matahari gurun yang intens, sambil tetap menawarkan pemandangan pegunungan dan koneksi ke lanskap. Baik di area publik maupun pribadi, pintu kaca geser terbuka langsung ke halaman tengah, memungkinkan untuk hidup ke dalam dan luar.

Teras besar ditutupi dengan kanopi baja berlubang yang memberikan banyak warna. " Atap tinggi yang runcing menambahkan naungan tambahan ke halaman dari matahari sore yang intens," kata tim The Ranch Mine.

Dekorasi dan gambar terinspirasi desain modern abad pertengahan dan perangkat keras yang ramping dari Jerman dan Italia. Klien juga meminta integrasi bahan gaya industri, seperti beton dan logam.

Sumber: Kompas.com 

Editor: tom.