HETANEWS

Cara Kawin Hiu Putih Besar yang Misterius

Hiu putih besar (iStock)

Jakarta, hetanews.com - Sudah banyak ilmuwan meneliti hiu besar putih. Tapi ada satu yang masih menjadi misteri.
Para peneliti dan pembuat foto serta film dokumenter, sudah banyak meneliti predator lautan yang berbahaya ini. Namun, mereka semua ternyata belum pernah mendata perilaku kawin hiu putih besar.

Andy Brandy Casagrande, seorang sinematografer dan pembuat film alam liar mengatakan, bisa mendokumentasikan hiu putih besar saat kawin adalah impian semua pembuat film.

"Tidak pernah ada yang lihat. Tidak ada bukti video atau data satelit, atau apapun yang menunjukkan kapan, dimana dan bagaimana hiu kawin," kata Andy dilansir beberapa media seperti Foxtel, Mental Floss dan News.com seperti dilihat Senin (2/12/2019).

Sebelumnya pada Juli 2019, Atlantic White Shark Conservancy mengklaim merekam hiu putih besar sedang kawin. Rekaman dilakukan pakai drone di Chatham, Massachusetts, Amerika Serikat.

Dari drone tampak kalau seekor hiu mendekati hiu lain dengan cepat seperti berkelahi. Ilmuwan selama ini yakin kalau hiu jantan menggigit betinanya dalam proses kawin. Video tersebut masih diteliti untuk diyakini apakah betul itu adegan kawin atau perkelahian biasa.

Jadi hingga sampai saat ini, tetap belum ada yang mengklaim punya dokumentasi hiu putih besar sedang kawin. Tahukah Anda, hiu putih besar umurnya mencapai 70 tahun. Hiu jantan siap kawin di umur 26 sedangkan yang betina umur 33.

Sumber: detik.com

Editor: tom.