HETANEWS

Palsukan Surat Tanah, Oknum PNS Simalungun Dihukum 2 Tahun 3 Bulan Penjara di PN Tebing Tinggi

Terdak M tampak bergegas meninggalkan ruang sidang PN Tebing Tinggi, Senin (2/12/2019). (foto/wh)

Tebing Tinggi, hetanews.com - Oknum PNS, berinisial M (56), warga Huta III Bandar Siantar, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, yang bertugas di Kantor Camat Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, akhirnya divonis 2 tahun 3 bulan penjara, di PN Tebing Tinggi, Senin (2/12/2019).

Terdakwa terbukti bersalah melakukan pemalsuan surat, sebagaimana dalam pasal 263 KUHPidana.

Atas putusan tersebut, pria tersebut hanya mampu  tertunduk diam, lalu bergegas  meninggalkan tempat duduknya, menuju mobil tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebing Tinggi.

Oknum PNS berinisial M tersebut, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena terbukti melakukan pemalsuan surat tanah, sehingga merugikan CU Hidup Baru, di Kota Tebing Tinggi, ujar Hakim Ketua, Diana Gultom SH, membacakan pertimbangan putusan, di hadapan Jaksa Penuntut Hukum (JPU), Sai Sintong Purba SH, yang sebelumnya menuntutnya 4 tahun penjara.

Aleksander Harianja yang menjabat sebagai Ketua Kopdit Hidup Baru pada wartawan, mengapresiasi keputusan Hakim PN Tebing Tinggi yang memberikan putusan hukuman yang setimpal dengan perbuatan oknum PNS tersebut, yang menyebabkan kerugian pada CU Hidup Baru sebesar Rp 15 juta. 

Putusan itu tentu akan memberikan efek jera, apalagi  seorang PNS yang harusnya mempunyai akhlak terpuji, namun sebaliknya  melakukan kejahatan.

Yang tidak hanya merugikan dan meresahkan masyarakat dan juga menciderai dan mempermalukan statusnya sebagai PNS di kantor Camat Gunung Malela Kabupaten SImalungun, ucap Alek.

Lanjutnya, oknum PNS ini juga merupakan anggota CU Hidup Baru  yang meminjam uang dari CU Hidup Baru sebesar Rp15 juta, pada tahun 2013.

Sewaktu meminjam, terdakwa menitipkan surat tanah. Ternyata setelah diuji lab oleh Polda Sumut, surat tanah yang dititipkan oleh terdakwa dibuat sendiri tanpa seijin Pemkab Simalungun. Kami juga tidak lupa mengucapkan terimakasih untuk Polres Tebing Tinggi yang sudah menindak lanjuti sesuai dengan laporan dari pihak CU Hidup Baru ke Polres Tebing Tinggi, tutupnya.

Penulis: wh. Editor: gun.