HETANEWS

Susunan Pengurus Humatob Siantar Terpilih Periode 2020-2025

Penetapan pengurus Himpunan Masyarakat Batak Toba periode 2020-2025. Foto: BT

Siantar, hetanews.com - Himpunan Masyarakat Batak Toba atau Humatob Kota Pematangsiantar menggelar pemilihan pengurus untuk periode 2020-2025, Senin, 2 Desember 2019.

Humatob merupakan suatu organisasi yang bergerak di bidang sosial dan juga berperan mengawal kebijakan pemerintah daerah. Mereka berdiri sejak tahun 2003 silam.

Salah satu pendiri Jayadi Sagala menuturkan, Humatob dahulunya digagas oleh pemuda-pemudi sehingga memiliki nama sebagai Himpunan Pemuda Batak Toba. Ia mengakui sejak beberapa tahun terakhir organisasi sempat vakum.

“Namun saat ini karena rata-rata pengurusnya sudah tua semua, maka dibuat himpunan masyarakat, bukan (himpunan) pemuda. Akan tetapi seperti yang dikatakan penasehat tadi kalau kedepannya akan ada turunannya seperti pemuda batak toba,” ujarnya.

Jayadi menambahkan, mereka yan terpilih diberi waktu beberapa bulan kedepan guna menyusun kepengurusan tingkat kecamatan hingga ke bawahnya. “Rencana pelantikan (pengurus baru) diantara bulan 1 atau 2 tahun depan,” ujarnya.

Para pengurus Humatob Kota Pematangsiantar. Foto: BT

Pemilihan pengurus baru berlangsung di gedung sekolah minggu HKBP di Jalan Pattimura, Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur. Turut hadir dalam acara para dewan pembina/penasehat Humatob, Satgas Humatob Ladon Simanjuntak serta para anggota lainnya.

Pemilihan pengurus dipimpin oleh badan pendiri Humatob sendiri diantaranya, Kanor Butar-butar (Ketua) Julham Situmorang (Sekretaris) dan Jayadi Sagala (Bendahara).

Hendrik Tampubolon terpilih sebagai ketua mengucapkan terima kasih karena dipercaya memegang kepengurusan Humatob. Ia berharap dengan adanya kepengurusan yang baru akan semakin kompak, terutama dalam menjaga budaya batak itu sendiri.

Berikut susunan kepengurusan yang baru:

Ketua Umum Shakti Nababan
Ketua 1 Drs Hendrik Tampubolon
Ketua 2 Hendra Simanjuntak

Sektetaris Umum Samuel Silaen, MM
Sekretaris 1 Audison Ambarita

Bendahara Umum Edwin TH Simanjuntak,SE, MPd
Bendahara 1 Drs Nelson Siagian
Bendhara 2 Yusniar Siahaan, SH

Penulis: bt. Editor: bt.