HETANEWS

Sidang di PN Tipikor, Mantan Kabid Kesra Siantar Keberatan Atas Dakwaan JPU

Hakim Tipikor Medan saat menggelar sidang perdana KUBE, dan tampak jaksa Christianto saat membacakan surat dakwaan. (foto/ist

Medan, hetanews.com - Sidang perdana kasus dugaan korupsi dana Kelompok Usaha Bersama (KUBE), digelar di PN Tipikor Medan, Senin (2/12/2019) . Agenda persidangan mendengarkan surat dakwaan jaksa.

Jaksa Christianto Situmorang SH dari Kejari Siantar, menjerat terdakwa Chasils Pelawi als CH Pelawi (61), warga  jalan Pdt JW Saragih, dengan pasal 3 (1) dakwaan pertama atau kedua, pasal 12 huruf e Jo pasal 18 UU No.31/1999 yang telah dirubah dengan UU No.20/2001 tentang korupsi.

Tersangka didakwa menerima sejumlah uang dari dana KUBE tahun 2013 saat dirinya menjabat sebagai Kabid Kesra Bansos dan Resos Dinsosnaker. Kerugian negara mencapai Rp399 juta.

Baca juga: Tim Pidsus Kejari Siantar Limpahkan Berkas Perkara KUBE ke PN Tipikor

Baca juga: Diduga Korupsi Dana KUBE, Polres Siantar Tetapkan Mantan Kabid Dinsosnaker jadi Tersangka

Terdakwa didampingi pengacaranya, menyatakan keberatan dengan dakwaan jaksa. Untuk itu akan mengajukan eksepsi (bantahan) atas dakwaan tersebut.

Ketua majelis hakim, H. Irwan Effendi menyatakan sidang ditunda hingga sepekan untuk memberi kesempatan terdakwa mengajukan eksepsi.

Majelis hakim juga menetapkan status tahanan terdakwa Chasils Pelawi als CH Pelawi, di Rutan Tanjung Gusta Medan.

Sebelumnya, pengusutan kasus ini dilakukan tim penyidik Tipikor Polres Siantar, dan setelah dikatakan lengkap oleh tim Pidsus Kejari Siantar, maka berkasnya dilimpahkan dan disidangkan di PN Tipikor.

Penulis: ay. Editor: gun.