HETANEWS

Pesan Wakil Ketua KPK Kepada Calon Pimpinan KPK Terpilih

Saut Situmorang

Siantar, hetanews.com - Wakil Ketua KPK periode 2015-2019, Saut Situmorang, berharap kepada pimpinan KPK terpilih untuk masa jabatan 2019-2023 dapat mengembangkan nilai yang ada di KPK. Saut juga berharap pimpinan KPK terpilih lebih berani.

"Saya berharap mereka dapat mengembangkan nilai yang ada di KPK, itu sudah Given. Ini  saya gak ada persoalan personal dengan mereka berlima," kata Saut, ditemui Senin (2/12/2019).

"Jadi saya anggap mereka bisa menyesuaikan diri dengan etik, dengan value yang sudah berkembang di KPK sehingga Indonesia bisa lebih bersih," ucapnya menambahkan.

Masih kata Saut, dirinya berharap KPK ditangan pimpinan yang baru  lebih berani untuk membrantas korupsi. Pria bernama lengkap Thony Saut Situmorang ini, juga yakin pimpinan baru KPK siap dikritik dan mampu menyesuaikan diri.

"Yang paling penting mereka itu berani. Saya katakan lebih berani melakukan kemudian berkata adil,"

Baca juga: Sumut Wilayah Korupsi Tertinggi, Siantar-Simalungun Jadi Perhatian KPK

"Saya yakin mereka bisa menyesuaikan diri, atau mereka akan dikritik sama pegawai, karena disana [KPK] pimpinan itu dikritik. Pimpinan KPK suka sukanya di KPK itu gak berlaku," katanya.

Ditambahkannya, jika menjabat pimpinan KPK harus tahan dikritik oleh pegawai KPK, masyarakat dan lembaga diluar KPK. Oleh karena itu, dia berharap kesiapan pimpinan KPK terpilih.

"Sehingga jangan sakit hati juga kalau pemimpin di KPK akan dikritik, dan banyak orang menyoroti, banyak orang yang memantau,"ungkapnya.

"Jadi banyak memang yang memperhatikan ke lima pimpinan yang baru ini. Tapi saya yakin mereka kokoh. Dan saya yakin mereka bisa bekerja, kalau gak bisa lagi, iya kita kritik," tukas pria yang pernah berkarir di Badan Intelijen Negara [BIN] ini.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat tepatnya 21 Desember 2019, akan dilakukan pelantikan terhadap calon pimpinan KPK yang baru periode 2019-2023.

Saut Sitomorang, disinggung bagaimana karirnya setelah menjabat sebagai Wakil Ketua KPK, dia berencana membuat semacam lemabaga.

"Kalau saya di BIN sudah selesai, sudah pensiun bulan Januari kemarin. Tapi saya tetap diantara Intelijen dan pemberantasan korupsi. Saya akan bikin center atau bikin apa nanti kita lihat, supaya semangatlah. Tapi diluar lembaga," tutup Saut.

Baca juga: Walikota Hefriansyah Sempat dipanggil, Begini Penjelasan Wakil Ketua KPK

Penulis: gee. Editor: edo.