HETANEWS

Dihadiri Para Lurah, Kejari Siantar Berikan Penerangan Hukum

Kasi Intel, BAS Faomasi Jaya Laia SH MH, bersama narasumber lainnya dan peserta sosialisasi. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Kejari Pematangsiantar, melalui Kasi Intel, BAS Faomasi Jaya Laia SH MH, memberikan penerangan hukum dalam rangka sosialisasi pembentukan dan pembinaan Kelurahan Sadar Hukum Kota Pematangsiantar Tahun 2019, di Kelurahan Proklamasi, Senin (2/12/2019).

Sebagai narasumber, BAS mengenalkan tentang hukum, sesuai yang termaktub dalam UUD 1945, bahwa WNI memliki hak dan kewajiban yang sama di depan hukum. Setiap WNI berhak mendapatkan perlindungan hukum sekaligus memiliki kewajiban untuk menghargai dan menaati hukum yang berlaku di Indonesia.

Menurutnya, banyaknya pelanggaran hukum yang terjadi di Indonesia memberikan gambaran jika supremasi hukum belum dicapai.

Untuk itu, setiap WNI harus melek hukum, dengan mengenal hukum sehingga kita bisa menghindari terjadinya pelanggaran hukum, katanya.

Dijelaskan, hukum identik dengan persidangan, dimana jaksa yang sering disebut sebagai JPU, terdakwa, hakim, pengacara dan juga saksi-saksi.

Berdasarkan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana, penuntut umum adalah jaksa yang diberikan wewenang oleh undang-undang untuk melakukan penuntutan dan melaksanakan putusan hakim, jelasnya. 

Maka dalam persidangan, jaksa mewakili kita sebagai warga Negara untuk memperoleh kepastian hukum, katanya.

UU No. 16 tahun 2004 mengatakan, bahwa Kejaksaan Republik Indonesia adalah lembaga Negara yang melaksanakan kekuasaan Negara, khususnya di bidang penuntutan, pelaksanaan putusan hakim, serta kewenangan lain berdasarkan Undang-Undang.

Sebagai penuntut umum, jaksa wajib menyiapkan tuntutan sesuai fakta dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga menjadi dasar pertimbangan yang kuat bagi hakim untuk memutus, jelasnya.

Hadir sebagai narasumber lainnya, Kasat Binmas Polres Siantar yang intinya menyampaikan tugas Polres sebagai pelayan masyarakat dan sebagai aparat penegakan hukum. Juga dari Kemenkumham, Lamria Fitriani Manalu.

Sosialisasi penerangan hukum dihadiri seluruh lurah se-Kota Pematangsiantar dan acara diakhiri dengan tanya jawab.

Penulis: ay. Editor: gun.