HETANEWS

Hai Mom, Ini Manfaat Buah Kesemek buat Keluarga

Buah kesemek. Foto: int

Hetanews.com - Menyiapkan aneka sayur dan buah untuk keluarga memang sudah semestinya jadi keharusan. Pasalnya, merupakan sumber makanan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda sekeluarga.

Dari sekian banyak buah yang ada, Anda bisa menghidangkan buah kesemek sebagai alternatif pilihan. Ya meski tak setenar mangga, pisang, apel, pepaya, melon, semangka, namun buah berwarna jingga kekuning-kuningan hingga oranye ini punya beragam manfaat yang baik untuk keluarga tercinta. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Sumber Antioksidan

Buah Kesemek Foto: Shutter stocks

Kesemek adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Adapun antioksidan sendiri membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dengan cara menangkal stres oksidatif –keadaan radikal bebas melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Selain itu, stres oksidatif juga dikaitkan dengan penyakit kronis tertentu, seperti: jantung, diabetes, kanker dan kondisi neurologis seperti Alzheimer.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Tertentu

com-Ilustrasi diabetes. Foto: Shutterstock

Kesemek juga kaya antioksidan karotenoid seperti beta-karoten yakni pigmen yang ditemukan pada buah dan sayur berwarna cerah. Lalu apa manfaatnya? Penelitian menyebutkan konsumsi makanan yang mengandung beta-karoten dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker kolorektal dan penyakit metabolik.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih dari 37.000 orang menemukan bahwa mengkonsumsi beta-karoten dalam jumlah tinggi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, Moms.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung Foto: dok.shutterstock

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia dan berdampak negatif pada kehidupan jutaan orang, Moms! Meski begitu, penyakit jantung dapat dicegah dengan berbagai cara, salah satunya adalah menerapkan pola makan sehat. Dan kesemek, merupakan buah yang mengandung kombinasi nutrisi sehingga menjadikannya sebagai pilihan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan jantung keluarga Anda, Moms.

3. Menyehatkan Mata

mata anak balita Foto: Shutterstock

Tak hanya sebagai sumber antioksidan, kesemek juga kaya dengan vitamin A. Yang berarti baik untuk kesehatan mata si kecil dan suami.

Ya Moms, vitamin A dapat mendukung fungsi selaput konjungtiva dan kornea. Bahkan memakan satu buah kesemek memberikan 55 persen asupan vitamin A yang direkomendasikan.

4. Melancarkan BAB

Ilustrasi BAB Foto: Thinkstock

Kesemek merupakan salah satu buah yang mengandung serat dalam jumlah tinggi. Karenanya, kesemek dapat membuat keluarga di rumah dapat buang air besar secara teratur, memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula hingga membantu bakteri baik di usus Anda yang mempengaruhi sistem pencernaan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

ilustrasi anak pilek dan bersin-bersin Foto: Unsplash

Manfaat selanjutnya dari buah kesemek adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam askorbat-nya dapat memenuhi 80 persen kebutuhan harian vitamin C harian.

Nah, vitamin C inilah yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang menjadi tameng tubuh dari infeksi mikroba, virus, jamur, dan racun.

sumber: kumparan.com

Editor: bt.