HETANEWS

Santa Klaus Tinggal di Mana Ya?

Santa Klaus (Foto Istimewa)

Hetanews.com - Setiap tahunnya, anak-anak dari seluruh dunia mengirimkan keinginannya kepada St. Nicholas atau Santa Klaus, yang ternyata memiliki kantor sendiri di seantero dunia. Beberapa dari mereka juga bisa ditemui.

Himmlische Orte Weihnachtspostämter (picture-alliance/dpa/I. Wagner)

Nikolausdorf

Surat-surat yang dikirimkan kepada Santa Klaus kemungkinan besar akan tiba di Nikolausdorf di negara bagian Niedersachsen, Jerman. Santa Klaus di Jerman dinamakan Nikolaus. Selama lebih dari 50 tahun, Santa berkantor di Nikolausdorf. Bersama dengan timnya dari sekolah-sekolah lokal, dia menjawab kekhawatiran dan keinginan anak-anak. Kadang-kadang, dia juga menulis jawabannya secara pribadi

Himmlische Orte Christkind-Postfiliale in Engelskirchen (picture-alliance/dpa/W. Kastl)

Engelskirchen

Di Jerman, figur lain yang juga biasa membagikan hadiah sebelum Santa Klaus datang ke kota adalah "Christkind" atau "anak Kristus". Kantor pos-nya terletak di Engelskirchen (yang secara harfiah diterjemahkan sebagai Gereja Malaikat). Kantor pos natal di negara bagian Nordrhein-Westfalen ini setiap tahunnya menjawab sekitar 130.000 surat dari 50 negara

Eröffnung des Nürnberger Christkindlmarkt (picture-alliance/dpa/D. Karmann)

Nürnberg

Di Nürnberg, Anda dapat bertemu langsung dengan para "Christkind", ketika mereka secara tradisional membuka Christkindlesmarkt atau pasar Natal, dengan kata-kata khidmat. Para "Christkind" ini juga akan menyapa para pengunjung setiap hari. Setiap dua tahun, seorang gadis baru akan memakai kostum dengan sayap emas dan rambut ikal berwarna pirang. Di Nürnberg, mereka dijuluki "Christkindl".

Österreich - 4411 Chritkindl: Hochbetrieb im berühmtesten Postamt der Welt (picture-alliance/dpa/Tourismusverband Steyr)

Steyr, Distrik Christkindl

Seorang anggota tentara AS memiliki ide untuk membangun sebuah kantor pos khusus di distrik Christkindl di Steyr, sebuah kota di Austria. Para Christkindl sudah memulainya pada 1950. Sejak itu, sudah jutaan surat dikirimkan ke tempat itu. Setiap surat balasan akan dikirimkan dengan sebuah prangko khusus.

Himmlische Orte Eröffnung Weihnachtspostfiliale in Himmelpfort (picture-alliance/dpa/B. Settnik)

Himmelpfort

Santa Klaus sebenarnya sudah memiliki banyak pekerjaan selama masa Advent atau menjelang Natal. Ruang tamunya terletak di loteng bekas gedung sekolah di Himmelpfort, Brandenburg. Kalau membuat janji, Anda bahkan dapat mengunjunginya di sana. Di Himmelpfort, Santa Klaus berbicara lebih 15 bahasa dengan lancar, bahkan menerima surat dari Cina

Finnland Weihnachtsbild von Rovaniemi (Rovaniemen Matkailuneuvonta)

Rovaniemi, Finlandia

Anda dapat menemukan desa Santa di Lingkaran Arktik, Laplandia, Finlandia. Di Rovaniemi, Lingkaran Arktik itu membentang melalui "Desa Santa Klaus", yang terletak delapan kilometer di sebelah utara pusat kota, dan sudah ditandai dengan jelas. Email yang dikirimkan ke tempat ini mendapat stempel lingkaran kutub yang populer. Selain itu, sejumlah toko juga menawarkan banyak suvenir

Himmlische Orte Russland Väterchen Frost (picture-alliance/dpa/V. Smirnov)

Weliki Ustjug

Karung-karung surat penggemar juga dikirimkan kepada Father Frost, personifikasi Santa Klaus dari Rusia. Pada tahun 1999, kota provinsi di sebelah utara Moskow itu secara resmi dinamai kota kelahiran dari Father Frost. Taman-taman petualangan akan menarik perhatian pengunjung sepanjang tahun, sehingga berefek positif terhadap perekonomian kota. Tingkat pengangguran di wilayah itu pun menurun.

Himmlische Orte Santa Claus House in Alaska (picture-alliance/dpa/H. Bäsemann)

Kutub Utara

Tentu saja, Santa Klaus memiliki domisili lain di AS, yaitu di kota kecil Kutub Utara di Alaska, tempat di mana Natal dirayakan sepanjang tahun. Bahkan nama-nama jalan di kota yang didekorasi meriah itu juga kental nuansa natal: Santa Claus Lane, Snowman Lane, St. Nicholas Drive. Warga yang paling terkenal di sini adalah Santa Klaus sendiri.

Himmlische Orte Türkei St. Nikolaus Kirche in Demre (picture-alliance/Dumont/M. Tueremis)

Demre

Asal usul pria pembawa hadiah dengan janggut putih ini sebenarnya terletak di Turki. Uskup Agung Nicholas dari Myra dulu hidup dan tinggal di tempat yang saat ini bernama Demre. Dia disebut telah membagikan kekayaannya kepada orang-orang miskin di abad keempat. Ribuan orang melakukan ziarah tahunan ke Gereja St. Nicholas di Demre setiap 6 Desember untuk menghormatinya. 

Sumber: dw.com

Editor: tom.