HETANEWS.COM

Pagelaran Seni Budaya yang Digelar Dinas Pariwisata Siantar Dinilai Gagal

Foto Sanggar Sihoda setelah tampil. (foto/fani)

Siantar, hetanews.com -  Pagelaran seni budaya, dengan tema "Memberi warna untuk Simalungun", pada Sabtu malam (30/11/2019) lalu, ternyata gagal total.

Acara yang tujuannya untuk memperkenalkan budaya dan etnis yang ada di Siantar dan Simalungun tersebut, berujung mengecewakan masyarakat, penggiat seni dan anak kreatif lokal.

"Sebenarnya sangat setuju dengan dibuatnya acara tersebut kak, dengan tujuan memperkenalkan budaya. Cuma sistemnya aja yang kurang tepat, kalau menurut ku kak,"kata Laura, salah satu guru tari, di sanggar yang ada di Siantar saat ditanya hetanews.com.

Acara ini digagas langsung oleh Dinas Pariwisata kota Pematangsiantar, tapi mereka gak sepenuhnya bertanggung jawab, seperti siapa saja yang mengisi acaranya, bagaimana dokumentasi acaranya, dan bagaimana target mereka, supaya yang menghadiri acara itu banyak, katanya.

"Dari Dinas Pariwisata langsung ngasih tanggung jawab ke satu pihak tertentu dan udah gitu aja, jadi kayak lepas tanggung jawab. Bukan gak ada dananya kak, ada kok. Kenapa gak ajak juga beberpaa komunitas untuk ikut mengisi acara atau kerja sama, jadi gak sanggar itu aja, dan ada juga beberapa sanggar yang ikut ngisi acara secara tiba-tiba,"jelasnya.

Sementara, banyak juga sanggar lain yang terkadang tidak tau informasi sama sekali soal acara seperti ini, tambahnya.

"Coba acaranya sedikit dibenahi lagi, dari sistemnya, pengisi acaranya, konsep acaranya, dengan tetap mengedepankan tujuan untuk melestarikan budaya Simalungun di Siantar. Dan dokumentasi dan promosi juga harus diperhatikan supaya orang makin tertarik,"saran Laura.

Kenapa jadwal untuk pengisi acara tidak diatur dengan baik? Seharusnya sanggar itu benar-benar diatur dan jangan asal menampilkan sesuatu. Kalau perlu, sebelum tampil diseleksi dulu, jadi biar gak asal nampil, karena kualitas juga diutamakan, ucapnya lagi.

Penulis: tim. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!