HETANEWS

Presiden Brasil Bolsonaro Sebut Aktor Leonardo DiCaprio Danai Pembakaran Hutan Amazon

Presiden Brasil Bolsonaro Sebut Aktor Leonardo DiCaprio Danai Pembakaran Hutan Amazon

Sao Paulo, hetanews.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh aktor Hollywood Leonardo DiCaprio mendanai pembakaran hutan Amazon. Namun pernyataan Bolsonaro itu tak disertai bukti.

Bolsonaro mengomentari posting-an di media sosial yang mengklaim organisasi lingkungan World Wildlife Fund (WWF) membeli foto kebakaran hutan Amazon yang diambil oleh relawan pemadam yang kemudian digunakan sebagai media kampanye penggalangan dana. DiCaprio disebut-sebut termasuk yang menyumbang, yakni 500.000 dolar AS.

"Leonardo DiCaprio merupakan orang yang cool, iya kan? Memberi uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro, dikutip dari Reuters, Sabtu (30/11/2019).

Dia mengatakan, WWF membayar relawan pemadam kebakaran untuk memotret kebakaran hutan di Amazon.

"Jadi, apa yang dilakukan LSM? Apa hal yang paling mudah? Membakar hutan, mengambil foto, membuat video. (WWF) Melakukan kampanye melawan Brasil, menghubungi Leonardo DiCaprio lalu dia menyumbang 500.000 dolar AS. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi terhadap kebakaran di Amazon, itu tidak akan berhasil," kata Bolsonaro.

Namun WWF menepis mendapat dana dari DiCaprio, termasuk membeli foto kebakaran dari relawan.

Perwakilan dari DiCaprio juga belum memberikan komentar soal tuduhan itu.

Empat anggota LSM Brigade Kebakaran Alter do Chao ditangkap pada Selasa (26/11/2019) setelah dituduh sengaja membakar hutan Amazon lalu mendokumentasikannya untuk kepentingan pengumpulan dana. Mereka dibebaskan pada Kamis atas perintah hakim.

Politisi oposisi Brasil dan LSM mengecam keras penangkapan tersebut dengan mengatakan sebagai upaya pemerintahan Bolsonaro untuk melecehkan kelompok-kelompok lingkungan.

Bolsonaro berulang kali menyalahkan LSM sebagai penyebab kebakaran hutan Amazon yang menyita perhatian dunia.

Dalam posting-an di Facebook pada 21 Agustus, Bolsonaro mengatakan LSM datang ke Amazon untuk membakar hutan. Namun setelah itu, dia mengakui para petani lah pelaku pembakar hutan untuk membuka lahan.

Aktor ganteng yang namanya melambung setelah bermain di film 'Titanic' itu mengabdikan diri di bidang lingkungan dan memerangi perubahan iklim. Dia sering mengunggah isu lingkungan di Twitter, termasuk soal kebakaran hutan Amazon. Yayasan Leonardo DiCaprio miliknya yang berfokus pada proyek pelindungan satwa liar merupakan bagian dari gerakan Aliansi Bumi.

Sumber: inews.id

Editor: tom.