HETANEWS

Simak Perubahan jadwal Penjaringan Balon Perseorangan Pilkada Pematangsiantar

Ketua KPU Pematangsiantar,Daniel MD Sibarani [tengah] dan Komisioner Divisi Teknis Gina Ginting [kanan]

Siantar, hetanews.com - Jadwal penyelenggaraan Pilkada Pematangsiantar 2020 khususnya jadwal untuk tahapan penjaringan bakal calon [Balon] perseorangan mengalami perubahan. Itu setelah terbitnya PKPU No 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU No 15 Tahun 2019.

Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel MD Sibarani menjelaskan, adapun perubahan pengumuman pencalonan perseorangan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Desember sampai dengan 16 Desember 2019. 

Sedangkan untuk jadwal penyerahan dokumen Balon perseorangan jatuh pada tanggal 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2020. 

Kepada Balon perseorangan, Sambung Daniel, KPU telah membuat pengumuman agar Balon perseorang yang berminat diharapkan segera membentuk tim penghubung dan mendaftarkannya ke KPU Pematangsiantar. 

"Tujuannya untuk mempermudah komunikasi. Kemudian nanti KPU akan melakukan pelatihan sistim informasi pencalonan [Silon] kepada tim penghubung," ujar Daniel, Sabtu (30/11/2019).

Dijelaskannya, Tim penghubung dari pada Balon perseorangan akan menjadi operator untuk menginput data dukungan kedalam Silon. 

"Sampai sekarang kita belum ada menerima [Tim penghubung], kita harap para Balon perseorangan yang berminat segera mengirimkan tim penghubungnya," jelasnya.

"Jadi sebelum diserahkannya berkas Balon Perseorangan maunya sudah ada tenaga operator untuk menginput datanya," katanya seraya menambahkan jumlah Tim penghubung tidak dibatasi jumlahnya. 

Meski ada perubahan jadwal tersebut,  jumlah minimal dukungan bagi balon perseorangan tidak berubah. Jumlahnya adalah 17.910 tersebar minimal di lima kecamatan dari delapan kecematan di Siantar. Kemudian sebaran di seluruh kelurahan dari lima kecamatan tersebut.

Jumlahnya minimal dukungan sebesar 17.910 adalah 10 persen dari jumlah DPT Kota Pematangsiantar 179.099 Jiwa. 

Baca juga: KPU Siantar Menetapkan Persyaratan dukungan bagi Paslon Walikota dan Wakil Perseorangan

Penulis: gee. Editor: edo.