HETANEWS

Mahfud Akan ke Papua Jelang HUT OPM, Dialog Bersama Warga

Menko Polhukam, Mahfud MD, saat ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Jakarta, hetanews.com - Menkopolhukam Mahfud MD akan berkunjung ke Papua dalam waktu dekat. Kunjungan ini untuk memastikan Papua aman menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Minggu (1/12). Dalam kesempatan itu, Mahfud akan bertemu masyarakat dan tokoh Papua.

"Ya saya kunjungan kerja biasa, saya akan dialog dengan masyarakat sipil termasuk juga akan kita lihat gitu apa yang terjadi. Saya lihat itu tidak akan ada masalah luar biasa," kata Mahfud saat dijumpai di Kemenkopolhukam, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

Kapolri Idham Azis dan Panglima TNI Hadi Thajanto hadiri bakti sosial di wilayah Skouw di perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Foto: Raga Imam/kumparan

Mahfud pun memastikan kondisi Papua saat ini telah aman.

"Biasa lah datar-datar saja seperti yang sudah-sudah dan sudah jauh lebih membaik artinya sekarang tidak ada letupan-letupan yang menimbulkan suasana menjadi lebih panas," terangnya.

Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Mabes Polri juga telah memastikan kondisi Papua kondusif menjelang HUT OPM.

"Situasi yang berada di Papua, alhamdulillah, sampai dengan hari ini menjelang tanggal 1 Desember, situasi di sana dalam keadaan aman dan kondusif," ujar Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/11).

Asep mengatakan, hingga saat ini aktivitas sehari-hari warga setempat masih berlangsung normal. Personel TNI-Polri bersama pemda setempat juga aktif melakukan tindakan-tindakan yang bersifat preventif.

"Patroli rutin juga ditingkatkan, dan tetap menjaga kondusivitas di Papua," kata Asep.

Sementara itu, Polda Papua juga telah mempersiapkan pengamanan jelang HUT OPM. Atas dasar itu, warga diminta melakukan aktivitas seperti biasa pada 1 Desember mendatang.

"Ya hari Minggu itu saudara-saudara kita yang mayoritas di Papua, Kristiani, ya, silakan beribadah. Jadi tidak ada halangan, aparat kepolisian tetap melakukan pengamanan, patroli dan sebagainya,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di wilayah Skouw, perbatasan Indonesia-Papua Nugini, Rabu (27/11).

Sumber: kumparan.com

Editor: tom.