HETANEWS

Bupati bersama Sekdakab Asahan Saksikan Penampilan Etnis Tabagsel di Pentas PSBD 2019

Disaksikan Kasdim 0208/AS, Mayor Inf. M.N. Simanjuntak, Ketua Etnis Tabagsel, Drs. Isa Harahap, Bupati Asahan, H. Surya B. Sc, menerima ulos kebesaran dari etnis Tabagsel.

Asahan, hetanews.com - Masyarakat Kabupaten Asahan, khususnya masyarakat Tabagsel yang ada di Asahan, berduyun-duyun menyaksikan seni budaya yang ditampilkan etnis Tabagsel, di Pangelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan Tahun 2019, di depan Jalan Abdi Satya Bakti, Komplek Terminal Madya Kisaran, Kamis (28/11/2019) malam.

Kesenian yang ditampilkan etnis Tabagsel tersebut, berupa Tortor Naposo Nauli Bulung, Tortor Raja-Raja (Raja Harahap, Raja Siregar, Raja Marga, Hulu Marga) dan Tortor Boru ini juga dihadiri Bupati Asahan beserta istri, Sekretatis Daerah Kabupaten Asahan, perwakilan Dandim 0208 Asahan, Mayor Inf. M.N. Simanjuntak, mewakili  Kapolres Asahan dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia dari Etnis Tabagsel, Drs. H. Parenta Siregar dalam laporannya, menyampaikan, bahwa PSBD Kabupaten Asahan yang digelar 2 tahun sekali ini, merupakan momentum bagi setiap etnis yang ada di Kabupaten  Asahan untuk menunjukan seni budaya yang dimiliki kepada masyarakat luas.

Dia juga menyampaikan harapannya kepada Bupati Asahan, agar terus dapat mendukung kegiatan PSBD ini yang menjadi tempat bagi setiap etnis yang ada didalam menunjukkan seni budaya yang dimiliki.

Selain itu, dia juga menyampaikan, bahwa masyakarat Etnis Tabagsel siap mendukung dan mensukseskan visi dan misi Pemkab Asahan yaitu 'terwujudnya Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri'.

"Semoga dengan ditampilkannya seni budaya setiap etnis pada PSBD Asahan tahun 2019, dapat menambah kecintaan masyarakat Asahan kepada seni budaya yang ada Asahan,"tutupnya.

Sementara, Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu Tabagsel  Kabupaten Asahan, Drs. Isa Harahap, M. Si, dalam sambutannya, berharap kepada Bupati Asahan dapat membina ke 14 etnis yang ada di Tanah Rambate Rataraya.

"Kepada pimpinan etnis, jadikan perbedaan seni budaya yang dimiliki menjadi pemersatu kita dalam naungan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,"tutupnya.

Sebelum menyampaikan bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan disematkan abit godang (ulos kebesaran) oleh Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu Tabagsel Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan, H. Surya, BSc, menyampaikan terima kasihnya kepada Etnis Tabagsel yang telah memberikan ulos kebesarannya.

Dan semoga, dengan diberikannya ulos kebesaran ini, saya dapat menjaga amanah yang diberikan oleh Etnis Tabagsel, katanya.

Surya juga mengatakan, Pemkab Asahan akan terus mendukung kegiatan PSBD Asahan yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, karena ini merupakan salah satu cara melestarikan seni budaya setiap etnis yang ada di Asahan.

"Seni budaya yang diwariskan oleh leluhur kita ini tidak boleh luntur dimakan zaman. Walaupun saat ini kemajuan zaman sudah sangat maju, dan inilah tugas kita bersama dalam menjaga kelestarian seni budaya yang ada di  Asahan,"pungkas Surya.

Penulis: rendi. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.