HETANEWS

Polres Asahan bersama Pemkab Bawa Bayi Berumur 1 Tahun ke Rumah Sakit

Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu beserta Istri serta PJU Polres Asahan saat melihat langusng kondisi balita yang mengidap sakit paru-paru, di RSUD HAMS Kisaran, Jum'at (29/11/2019) siang.

Asahan, hetanews.com - Kapolres Asahan, AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K, MH, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, melalui Dinas Kesehatan, merasa prihatin dengan kondisi seorang balita yang berasal dari golongan keluarga kurang mampu yang mengalami sakit paru-paru.

Kapolres didampingi Ketua Bhayangkari cabang Asahan, Ny. Dodot Faisal Napitupulu, bersama Kadis Kesehatan, dr. Aris Yudhariansyah, M.Kes, beserta Pejabat Utama dan pengurus Bhayangkari Polres Asahan, Jumat (29/11/2019) siang, langsung membawa anak tersebut, berobat ke Rumah Sakit Umum Haji Abdul Manan Simatupang (RSU HAMS) Kisaran.

Didampingi kedua orang tuanya, bayi Kusumawati (1), warga jalan William Iskandar Kisaran, Kabupaten Asahan, langsung ditangani oleh tim medis RSU HAMS Kisaran.

Kadis Kesehatan, dr. Aris Yudhariansyah, mengatakan, bahwa balita tersebut diduga menderita sakit asma.

"Penyakit asma disebabkan oleh alergi. Bisa dari cuaca, udara, makan, dan lain-lain. Untuk sementara ini, kita akan tangani secepatnya, dan akan kita periksa, apakah ada penyakit lain. Untuk semua biaya perawatannya akan ditanggung Pemkab Asahan,"ujar dr Aris.

Kapolres Asahan, AKBP Faisal F. Napitupulu menjelaskan, bahwa pihaknya mendapat laporan adanya balita dari warga kurang mampu yang menderita penyakit asma.

"Jadi kita langsung berkoordinasi dengan Pemkab Asahan dalam hal ini diwakili Kadis Kesehatan dan juga dengan Kepala Rumah Sakit HAM Kisaran. Anak ini, kita beri pengobatan secara gratis dalam perawatannya. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kadis Sosial Kabupaten Asahan untuk mendaftarkan balita tersebut dalam BPJS Kesehatan,"ungkap Faisal.

Dalam kesempatan yang sama, Ngatemi yang merupakan ayah dari Kusumawati, mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab dan Kapolres Asahan.

"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Asahan dan Bapak Kapolres Asahan yang telah memberikan perhatian dan membantu pengobatan anak kami. Sehingga anak kami bisa mendapat perawatan medis di rumah sakit. Kami juga memohon doa dari masyarakat untuk kesembuhan anak kami,"tutup Ngatemi.  

Di hari yang sama, Kapolres Asahan bersama dengan Ketua Bhayangkari cabang Asahan dan Kadis Kesehatan, juga mengunjungi rumah warga kurang mampu, bernama Nenek Samriah (74) dan kakek Husein (72), di Dusun V Tanjung Alam, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan.

Dalam kunjungannya, Kapolres beserta rombongan memberikan uang santunan dan sejumlah sembako, berupa beras, telur dan mie instan serta penalih asih lainnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.