HETANEWS

Partai Demokrat Tolak Presiden Kembali Dipilih MPR

Hinca Panjaitan. ( Foto: Antara )

Jakarta, hetanews.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan menegaskan, pihaknya menolak keras usulan pemilihan presiden (pilpres) dikembalikan kepada MPR, bukan rakyat Indonesia secara langsung.

"Pemilihan presiden secara langsung adalah keniscayaan pilihan kita berdemokrasi sebagai buah reformasi," kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Usulan pemilu presiden kembali ke MPR dilontarkan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj saat bertemu dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo di Jakarta.

Menurut Said Aqil, usul itu muncul setelah ada pertimbangan antara manfaat dan dampak negatif pemilihan presiden secara langsung, salah satunya persoalan biaya yang besar.

"Kalau ada yang mengusulkan (pemilihan) balik lagi ke MPR maka itu kemunduran yang sangat jauh," ujar Hinca.

Hinca mengatakan, persoalan biaya besar pemilu langsung bisa disiasati dengan berbagai cara, termasuk mempersingkat masa kampanye.

Hinca mengingatkan fase dimana seluruh rakyat Indonesia telah memperjuangkan adanya sistem demokrasi melalui pengorbanan harta dan jiwa.

"Esensi demokrasi adalah rakyat langsung berpesta melepaskan kedaulatannya untuk menentukan siapa pemimpinnya secara langsung," ucap Hinca.

Sumber: beritasatu.com

Editor: tom.