HETANEWS

Cabuli Adik Ipar Hingga Hamil, Rabona Sitepu Diganjar 5 Tahun Penjara

Terdakwa sata digiring petugas usai divonis 5 tahun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Rabona Sitepu alias Pak Desty (36), akhirnya diganjar 5 tahun penjara, denda Rp 60 juta subsider 3 bulan penjara.

Vonis tersebut, diucapkan ketua majelis hakim, Hendrawan Nainggolan SH, di PN Simalungun, Selasa (26/11/2019). Putusan itu lebih ringan 2 tahun dari tuntutan jaksa.

Sebelumnya, terdakwa dituntut 7 tahun dan denda yang sama dengan putusan hakim oleh jaksa, L. Panjaitan SH. Terdakwa terbukti mencabuli adik iparnya, sebut saja Tina (14).          

Alasan hakim meringankan vonisnya karena sudah ada perdamaian antara terdakwa dengan keluarga korban.         

Warga Purba Etek, Kecamatan Silimakuta itu, dinyatakan terbukti bersalah, melanggar pasal 82 ayat (1) jo pasal 76 E Peraturan Pemerintah Pengganti Undang - Undang No 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang Undang No 23 Tahun 2002 Tentang Prelindungan Anak yang ditetapkan menjadi Undang Undang No 17 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Anak Jo pasal 44 ayat (1) KUH Pidana.          

Pencabulan itu, dilakukan terdakwa secara berulang- ulang, yaitu sejak Desember  2018 hingga Mei 2019, di dalam gubuk perladangan masyarakat Purba Etek.

Juga di dalam rumah ayah korban dan di bawah pohon besar, di kampung itu.          

Dengan paksaan dan ancaman dari terdakwa agar korbannya tidak memberitahukan perbuatannya kepada orang lain dan istri terdakwa.

Akibat perbuatan terdakwa, korban menjadi hamil 15 minggu dan 4 hari, sesuai hasil visum Nomor: 8214/VI/Ver/2019 yang dibuat dan ditandatangani oleh Dr  Martha Silitonga, pada RSU Dr Djasamen Saragih  Siantar.

Penulis: ay. Editor: gun.