HETANEWS

Liberty Tidak Terburu-buru Nyatakan Kesiapan Ikut Kontestasi Pilkada 2020

Liberty Panjaitan [Kemeja kuning]

Siantar, hetanews.com - Marudut Liberty Panjaitan merupakan salah satu dari 8 Balon Walikota yang mendaftar ke DPD Partai Golkar Pematangsiantar. Liberty tampak tidak terburu-buru menyatakan kesiapannya untuk berkontesasi di Pilkada Pematangsiantar 2020.

Sebelum menyerahkan persyaratan pencalonan, jauh hari sebelumnya seorang Staff datang untuk mengambil formulir pendaftaran Balon Walikota Pematangsiantar ke Partai Golkar.

"Kebetulan ada staff saya mengembal formulir. Jadi sekalian [mengembalikan]," ucap mantan Kapolres Simalungun ini, kepada sejumlah awak media yang penasaran atas kedatangannya ke kantor DPD DPRD Golkar, Senin (25/11/2019).

Meski irit bicara saat ditanya awak media, Liberty adalah sosok calon Walikota yang cukup dikenal dikalangan masyarakat di Pematangsiantar. Selain dari spanduknya yang terpajang, terbukti kedatangan dirinya ke kantor Golkar didampingi ratusan warga pendukungnya.

Begitu pun, pejabat polisi berpangkat AKBP ini tidak ingin terburu-buru menyatakan kesiapan dirinya untuk bertarung dalam kontestasi Pilkada Pematangsiatar 2020.

"Kita lihat aja nanti, makasih atas dukungannya. Kita gak muluk-muluk. Kita lihat aja nanti," ucap Liberty, yang saat itu didampingi pengurus DPD Golkar dan panitia penjaringan. 

Ditengah penasaran awak media, Ketua DPD Mangatas Silalahi mencoba memberikan penjelasan. Dia kemudian meluruskan bahwa pengembalian formulir oleh staf pada tanggal 19 November, kemarin.

"Jadi kan tanggal kemarin 19 staf Pak Liberty mengambil formulir. Hari ini batas terakhir pengembalian formulir."

"Jadi seminggu yang lalu pak Liberty saya telpon dan bincang-bincang. Saya kira teman-teman Pers ngerti lah kondisi Pak Liberty," kata Mangatas mengawali pembicaraan.

Selain mengatakan bahwa penutupan pendaftaran Balon Walikilota Pematangsiantar telah berakhir, Mangatas juga menyampaikan bahwa semua Balon Walikota diperlakukan sama.

"Ini perlu digaris bawahi, saya selaku Ketua Partai, ada bincang-bincang dengan calon kepala daerah. Jadi ada yang tidak bisa saya buka disi. Jadi perlakuan saya, sama semua terhadap calon yang sudah mendaftar," tegasnya.

Disinggung mengenai pendaftaran Liberty, Mangatas mengatakan tahapan pendaftaran sudah dilalui. 

"Sudah dilalui. Tahapan pengembalian dan itulah pendaftaran. Termasuk beliau. Beliau ini kan masih aktif, yang lain-lain kan sudah pada pensiun, kan gitu," ucap Wakil Ketua DPRD Pematangsiantar ini.

Dikatakannya, setelah tahapan pendaftaran ini, ada perubahan jadwal pada tahapan selanjutnya yakni pleno. 

"Artinya, ada tahapan setelah tanggal 25 November. Tadi nya kita ada 26 -30 pleno jadi diundur. Jadi Antara tanggal 10 ke 20 Desember. Kemudian diatas tanggal itu ada survey," jelasnya.

Kemudian, kata Mangatas,  penyampaian visi dan misi akan digelar pada bulan Januari 2020. "Jadi saya bilang ke Pak Liberty, masih ada waktu memantapkan," pungkasnya.

Baca juga: Ratusan Warga Dampingi Liberty, Ada yang Rela Meski Tak Dapat Jatah Makan

Penulis: gee. Editor: edo.