HETANEWS.COM

PT Medan Ringankan Vonis Putra, Pengedar Jadi Pengguna Sabu

Jhonli Sinaga SH, pengacara yang mendampingi terdakwa Putra. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Pengadilan Tinggi (PT) Medan, melalui putusannya nomor 1111/Pid Sus/2019/PT MDN, menyatakan menolak putusan PN Simalungun dan mengabulkan permohonan banding, terdakwa Herman Syahputra als Putra (33), menjadi 24 bulan.

Demikian dikatakan pengacara, Jhonli Sinaga SH, kepada wartawan, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (25/11/2019).

"Kita sudah terima putusan banding jadi 2 tahun, sebelumnya divonis 6 tahun denda Rp 1 milyar subsider 3 bulan oleh hakim PN Simalungun. Putusan itu sama dengan tuntutan jaksa,"kata Jhonli saat mengambil salinan putusan, di PN Simalungun, jalan Asahan Km 4.

Putra, warga Bandar Masilam, dinyatakan sebagai pengedar sabu seberat 0,70 gram (bruto). Tapi hakim PT Medan, pada tingkat banding sepakat dengan pengacara Jhonli dan menyatakan terdakwa Putra sebagai pengguna. Terdakwa pun dipersalahkan melanggar pasal 127 (1) huruf a UU RI No.35/2009 tentang penyalahgunaan narkotika bagi diri sendiri.

Sebelumnya, pada Sabtu (9/2/2019), Putra didakwa menyerahkan sepaket sabu kepada Mustafa Kamal (terpisah) untuk dipakai bersama.

Lalu petugas datang ke rumah Mustafa Kamal, di Bandar Gunung, Nagori Gunung Serawan, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun.

Saat digerebek, disita sabu dan kaca pirex, HP, kompeng, pipet, mancis dan kaca pirex. Dari rumah Mustafa Kamal, polisi menangkap terdakwa dan beberapa orang lainnya. Sabu tersebut, diakui milik Putra yang diperoleh dari M Alpian (terpisah) untuk dipakai bersama-sama.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!