HETANEWS

Surat Edaran Kemendikbud Ingatkan Upacara Hari Guru, Bagaimana di Pematangsiantar?

Walikota Hefriansyah dan Wakil Walikota Togar Sitorus menghadiri launching GDPK 2019, saat peringatan hari Guru 25 November 2019.

Siantar, hetanews.com - Surat edaran Kemendikbud terkait pelaksanaan upacara hari Guru tampaknya belum terlaksana dengan baik di Pematangsiantar. Itu terlihat saat Walikota Hefriansyah mengaku lupa perayaan hari Guru.

Ucapan Walikota Hefriansyah yang mengaku bahwa dirinya lupa peringatan hari pahlawan tanpa tanda jasa itu, juga direspon oleh Forum ketua komite kota Pematangsiantar, Jansen Napitu. Dia mengatakan Walikota perlu memperhatikan hari-hari besar nasional. 

"Dia selaku kepala daerah bisa lupa kalau sekarang ini adalah hari guru, inikan sudah tidak pantas lagi," ujar Jansen, Senin (25/11/2019)   

"Jadi harus diingat, ibu guru dan bapak guru itu perannya sangat penting sekali. Intinya sangat disayangkan seorang walikota lupa dengan hari guru," imbuhnya.

Belum diketahui apakah Pemko Pematangsiantar menerima surat edaran dari Kemendikbud terkait penyelenggaraan upacara bendehara pada hari Guru, yang diperingati tepat hari ini 25 November setiap tahunnya.

Kabag Umum Pemko, Herianto Siddik yang juga dihubungi mengenai hal itu hingga saat ini tidak memberi jawaban. Dihubungi terpisah, Kabid Ideologi dan Karakter Bangsa, Kesbangpol, Gilbert Ambarita mengaku tidak mengatahui percis jika hari ini Pemko tidak menggelar upacara hari Guru. 

"Surat edaran itu tidak ada sampai ke kita. Coba ke Dinas Pendidikan, mungkin sama mereka ada," katanya.

Sayangnya, Kadis Pendidikan, Edy Noah Saragih, dihubungi beberapa kali untuk mempertanyakan hal itu tak kunjung memberi jawaban. Sementara Kabag Humas Protokoler, Hammam Sholeh mengatakan, upacara dibidangi oleh Kesbangpol.

"Upacara itu gawean kesbangpol dan atau dinas terkait dengan upacara itu sendiri. Coba cek ke dinas pendidikan," tulisnya.

Untuk diketahui, Kemendikbud merilis Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 untuk hari Senin tanggal 25 November 2019. 

Surat Edaran tersebut bernomor 132716/MPK.A/TU/2019 yang ditandatangani Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada tanggal 19 November 2019.

Surat Edaran ditujukan kepada Para Duta Besar/Kepala Perwakila Indonesia di Luar Negeri; Para Gubernur di Seluruh Indonesia; Para Bupati/Walikota Seluruh Indonesia.

Baca juga: Upacara Tidak Digelar, Walikota Hefriansyah 'Lupa' Hari Guru

Penulis: gee. Editor: edo.
Komentar 1