HETANEWS

Bupati Asahan Surya: Pak Musa Sering 'Noko-nokoi' Saya

Bupati Asahan, H. Surya B. Sc, saat memberi sambutan. (Foto/Rendi)

Asahan, hetanews.com - Peringatan HUT PGRI ke-74 tingkat Kabupaten Asahan yang dihadiri Bupati, H. Surya BSc, bersama dengan Ketua TP. PKK Asahan, para Asisten, OPD, Ketua PGRI Asahan, H. Malanton Lahadhe Hasibuan, M.Si, beserta pengurus dan anggota PGRI se-Asahan, berlangsung meriah.

Peringatan tersebut juga dirangkai dengan acara Hari Guru Nasional (HGN) dan dihadiri ribuan guru se Kabupaten Asahan, di Gedung Serba Guna (GOR) Kisaran, Jalan Mahoni Kisaran, Senin (25/11/2019) pagi.

Ketua Panitia Pelaksana, Dian Rayanta, S. Pd, M.Si, dalam laporannya menyampaikan, bahwa peringatan hari guru tahun ini, mengambil tema 'Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul'.

HUT PGRI tahun ini,  lanjutnya, diisi beberapa kegiatan antara lain, lomba gerak jalan santai, pemberian penghargaan kepada Guru yang memasuki purna bakti, dan pemberian hadiah kepada Guru literasi.

Selain itu, juga akan dilaksanakan pelantikan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum PGRI yang diketuai, Sabam Nainggolan, serta Syamsudin SPd, sebagai Ketua Dewan Kehormatan Guru Indonesia Kabupaten Asahan.

“Suatu Kebanggaan bagi kita, saat ini Bapak Bupati H. Surya BSc hadir bersama kita dan memakai seragam kebanggaan PGRI,”ujar Ketua PGRI, Malanton Hasibuan.

Menurutnya, para gutu harus bangga sebagai tenaga pendidik, karena saat ini Bupati dan Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan, juga merupakan seorang guru.

"Dengan demikian, kita para guru di Kabupaten Asahan menitipkan harapan kepada Bapak Bupati untuk lebih memperhatikan kesejahteraan guru di kabupaten ini, pada masa yang akan datang,"tegasnya.

Mengawali sambutannya, Bupati Asahan Surya, terlebih dahulu memberikan hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka HUT PGRI ke 74.

Adapun pemenangnya, antara lain, juara lomba artikel, Drs. Lasim Sinaga, juara Guru Literat (Guli) kategori penulis terbaik, Rusman SE, dan kategori pembaca terbaik, Agustina, S.Sos.

“Bahwa peringatan Hari Guru yang dilaksanakan setiap tanggal 25 November, selalu dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Asahan yang pesertanya terbatas, tetapi sesuai arahan saya, tahun ini harus dilaksanakan di luar kantor Bupati agar dapat dihadiri seluruh Guru dan Pengurus PGRI se Kabupaten Asahan. Dan Alhamdulillah, tahun ini dailaksanakan di Gedung Serba Guna dan dihadiri sekitar 2500 orang sesuai laporan ketua panitia,” ucap H Surya, mengawali arahannya.

Surya juga berjanji akan memberikan perhatian khusus pada kesejahteraan guru di Kabupaten Asahan dan tentunya kalau aturan memungkinkannya, seperti harapan yang disampaikan Ketua PGRI kabupaten Asahan.              

Dilain sisi, Bupati Asahan juga menyebutkan, bahwa dirinya sangat menghargai jasa para guru yang telah menjadikan ia beserta pemangku kepentingan lainnya, menjadi seperti saat ini.

"Saya masih ingat ketika itu guru saya bernama Pak Musa, dan beliau hadir disini. Kala itu, Pak Musa ini sering noko-nokoi saya (Menipu, red). Begitupun, saya tetap anggap itu sebagai hal yang positif dan bahan evaluasi diri,"sebutnya seraya tertawa kecil dan disambut sorak sorai dari ribuan guru yang hadir.

Penulis: rendi. Editor: gun.