HETANEWS

Ratusan Rumah di Rokan Hulu Riau Terendam Banjir, 849 KK Disarankan Mengungsi

Petugas mengevakuasi korban banjir.

Pekanbaru, hetanews.com - Ratusan rumah di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, terendam banjir. Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 849 kepala keluarga terdampak, membutuhkan bantuan.

Kepala Basarnas Pekanbaru, Amiruddin mengatakan, sudah menurunkan tim ke lokasi terdampak banjir. Mereka akan menyalurkan bantuan kepada warga, sekaligus evakuasi korban ke tempat yang sudah disiapkan.

"Tapi tidak semua warga bersedia dievakuasi dengan alasan menjaga rumah apabila ditinggal akan kemalingan," kata Amiruddin di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (25/11/2019).

Menurut dia, hujan deras selama beberapa hari terakhir membuat sejumlah desa terendam banjir pada Minggu (24/11/2019) sore. Hingga kini, ketinggian air di beberapa tempat masih belum surut.

Selain menggenangi rumah warga, banjir juga merendam beberapa fasilitas sosial seperti masjid serta membuat akses jalan terputus. Kondisi ini tentu sudah dikoordinasikan dengan instansi pemerintah daerah.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Rokan Hulu dan instansi terkait lainnya," ujar dia.

Korban banjir sendiri totalnya sebanyak 849 keluarga atau 3.116 jiwa. Mereka berasal dari Desa Rambah Tengah Hulu (Pawan), Desa Tanjung Belit (Tanjung Pauh), Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan dan Kelurahan Pasirpangaraian, yang semuanya berada di Kecamatan Rambah.

Kemudian Desa Rokan Koto Ruang, Desa Cipang Kanan (Kubang Buaya), Desa Tanjung Medan dan Kelurahan Rokan. Semua desa tersebut berada dalam satu wilayah di Kecamatan Rokan IV Koto.

Sumber: inews.id

Editor: suci.