HETANEWS

Si Gota, Maskot Pilkada Pematangsiantar 2020 dibuat Dalam Tempo 3 Hari

Maskot Pilkada Pematangsiantar 2020

Siantar, hetanews.com - Maskot Pilkada Pematangsiantar resmi diluncurkan saat launching Pilkada Pematangsiantar tahun 2020. Maskot ini dibuat oleh Octa Rizaldi dalam tempo 3 hari.

Octa Rizaldi adalah pemenang lomba design maskot KPU Pematangsiantar tahun 2020. Dia mendesign maskot bergambar kotak suara dengan gambar gorga di atasnya. 

Julukan Si Gota, kata Rizaldi, tak lain adalah kepanjangan dari Gorga Diatas Kotak Suara. Design maskot Rizaldi terinspirasi dari kotak suara. 

"Kotak suara dulunya berbahan alumunium. Kebetulan yang baru sekarang berwarna putih berbahan kardus," katanya, saat acara launching Pilkada 2020, Sabtu (23/11/2019).

Penambahan gorga diatas kotak suara itu, kata dia, sesuai dengan identitas kearifan lokal Pematangsiantar, yang selalu menggoreskan gorga pada gedung pemerintahan.

Dia pun memilih jenis Gorga Simalungun yang melambangkan kedamaian dan keindahan. Harapannya Pilkada Pematangsiantar Tahun 2020 berjalan dengan damai.

"Untuk di Siantar kita lihat sendiri banyak gorga-gorga kebetulan [jenis] Gorga yang kita pilih ini Pinar Appul-appul yang artinya kupu-kupu, melambangkan kedamaian dan keindahan," ujarnya.

Tentang berapa lama ide untuk mencetuskan design maskot ini, Rizaldi mengatakan hanya membutuhkan waktu 3 hari. "Hanya sekitar 3 hari," ungkapnya. 

Pada kesempatan itu, Komisioner KPU RI, Ilham Saputra secara simbolis memberikan hadiah juara pertama lomba desing maskot sebesar Rp 12 Juta kepada Rizaldi.

Baca juga: Besok Akan dilaunching Pilkada Pematangsiantar 2020

Penulis: gee. Editor: edo.