HETANEWS

Secerca Asa 'Pondok Kreatif' Parapat yang Lahirkan Muda-mudi Berbakat, AKBP Heri Beri Dukungan

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu berbincang dengan Ando Sipayung di Pondok Kreatif Parapat. Foto: BT

Simalungun, hetanews.com - Pondok Kreatif di daerah wisata Danau Toba melatih sejumlah anak-anak agar mahir dalam alat musik tradisional. Diusianya yang kini mencapai satu tahun, sanggar seni ini pun telah melatih puluhan anak hingga orang dewasa.

Pondok kreatif didirikan dengan motivasi melestarikan kearifan lokal dalam bentuk hiburan musik, menggunakan alat tradisional. Sanggar seni ini diinisiasi seorang pemuda setempat bernama Ando Sipayung.

"Januari tahun depan (Pondok Kreatif) tepat berusia satu tahun," kata Ando ketika berbincang-bincang dengan awak media hetanews, Jumat, 22 Nopember 2019.

Alumnus Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara (USU) itu menambahkan, sanggar seni yang dibangunnya hingga memiliki 40 anak maupun orang dewasa yang ikut berlatih memainkan alat musik sederhana.

"Selain untuk melestarikan budaya, (sanggar) untuk membangkitkan spirit dari anak muda itu sendiri dan lebih piawai memainkan alat musik tradisional sehingga mampu menghibur wisatawan Danau Toba," ujarnya.

Anak-anak Pondok Kreatif tengah berlatih. Foto: BT
Ada sejumlah alat musik di sanggar seperti perkusi, hasapi, tagading, suling dan lainnya. Meski begitu, sejumlah peralatan itu bukan milik sanggar, melainkan pinjaman dari sejumlah pihak. Termasuk, panggung latihan sanggar yang berada disebelah makam merupakan lahan sewaan.

Ia melanjutkan, selain digunakan untuk bermain alat nusik, Pondok Kreatif juga tempat berlatih mengukir, theater dan tari-tarian.

"Kadang kami mengamen untuk mencari biaya agar bisa membeli alat musik milik kami sendiri. Anak anak juga kami latih agar berjualan makanan dari karya tangan sendiri," ujarnya.

Keberadaan Pondok Kreatif perlu diperhatikan pemerintah atau pihak lain supaya niat muda-mudi menjaga kearifan lokal terlaksana terus-menerus. Adanya niat mereka untuk menghibur sehingga mampu menarik wisatawan.

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu meluangkan waktu singgah di Pondok Kreatif melihat langsung muda-mudi berlatih memainkan musik. Kapolres mengapresiasi dan mendukung kreatifitas para anak muda.

Dia mengatakan, apa yang dikerjakan di Pondok Kreatif sangat mendukung program pemerintahan Presiden Jokowi dalam pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata nasional.

"Cita-cita Presiden Jokowi membangkitkan budaya, kultur agar tetap terjaga. (Pondok Kreatif) ini sinergi dengan tujuan Pak Jokowi, sebagai salah satu pendukung program wisata nasional," ujarnya.

"Saya apresiasi dan dukung, juga saya setuju ini dibesarkan. Sekarang kreatifitas sudah harus kita kembangkan melalui SDM. Tapi tetap sekolah ya selain adik-adik punya kegiatan seni," ujarnya.

Penulis: bt. Editor: bt.