HETANEWS

Belikan 15 Istri Mobil Mewah, Raja Swaziland Habis Rp 234 M

Foto: Raja Mswati III dari Swaziland (AP Photo/Craig Ruttle)

Jakarta, hetanews.com - Raja Mswati III adalah salah satu raja terkaya di Afrika. Menurut Forbes, ia diperkirakan memiliki kekayaan bersih setidaknya US$ 200 juta (Rp 2,8 triliun).

Kekayaan itu ia habiskan untuk pesawat, bandara, dan mobil-mobil mewah, termasuk Maybach. Terakhir, Raja Mswati III melakukan pembelian armada 19 Rolls-RoyceBMW dan 120 BMW untuk bagi 15 istrinya.

Kendaraan yang ia beli tersebut jika di total bernilai US$ 16,6 juta (Rp 234 miliar). Sebagaimana dikutip dari TimesLive mobil-mobil tersebut akan dikirimkan paling lambat akhir November ini,


Namun, pembelian kendaraan yang dilakukan raja itu telah memicu kemarahan di negaranya. Sekitar 700 PNS bahkan berkumpul di ibu kota Mbabane untuk menuntutnya karena menguras dana publik.

"Di Swaziland, pekerja sektor publik belum menerima penyesuaian gaji dalam tiga tahun dan sistem kesehatan telah benar-benar runtuh, (ini) menjadikan termiskin dari yang miskin," kata perwakilan pendemo Wandile Dludlu dikutip dari Pulse.Ng

"Lembaga tersier juga ditutup karena kerusuhan mahasiswa yang disebabkan oleh kegagalan rezim untuk memenuhi biaya sekolah, biaya buku pelajaran, akomodasi dan biaya lainnya."


Dikatakannya pembelian semua mobil mewah jelas merupakan bentuk dari kesombongan sang Raja. Ia menilai langkah itu mengabaikan perasaan orang-orang miskin Swaziland.


"Kami mengutuk keras dalam hal ini, mungkin ini adalah penjarahan dari orang-orang tertindas dan dari pajak Swaziland yang dibayarkan dengan susah payah." katanya lagi.


"Berdiri dan hadapi rezim jahat ini yang terus membuat kami dalam perbudakan. Dalam keadaan apapun kami tidak akan membiarkan keluarga itu terus menerus mengutuk kita dalam kemiskinan," jelasnya lagi.


Ini bukan pertama kalinya Raja Mswati III dikritik karena hidup mewah, sementara negaranya menderita. Swaziland merupakan negara di selatan Afrika yang juga dikenal dengan nama Eswatini.

Sumber: cnbcindonesia.com

Editor: tom.