HETANEWS

Pentagon Bantah Siap Tarik Pasukan AS dari Semenanjung Korea

Pasukan AS memberikan penghormatan pada upacata pembukaan gedung baru pasukan AS-Korea Selatan di Kamp Humphreys, Pyeongtaek, Korea Selatan Juni tahun lalu (foto: dok).

Washington, D.C., hetanews.com - Pentagon membantah laporan tentang adanya persiapan penarikan pasukan Amerika dari Korea Selatan.

Juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman mengatakan hari Kamis (21/11), “sama sekali tidak benar” bahwa Amerika tengah mempertimbangkan untuk menarik pasukannya dari Semenanjung Korea.

Sebelumnya surat kabar konservatif Korea Selatan Chosun Ilbo mengutip“sumber diplomatik di Washington” mengatakan Amerika sedang “bersiap untuk menarik mundur satu brigade” jika negosiasi tentang pembayaran biaya pasukan AS di Korea Selatan tidak ada kemajuan. Satu brigade militer Amerika Serikat terdiri atas 2.000 hingga 4.000 personil.

Pembicaraan antara Amerika dengan Korea Selatan gagal Selasa lalu, karena Washington meminta Seoul meningkatkan bantuan finansialnya untuk mengongkosi pasukan AS di wilayahnya.

Negosiator Korea Selatan Jeoung Eun-bo mengatakan kepada wartawan bahwa Amerika walk-out setelah sesi singkat negosiasi. James DeHart, negosiator AS mengatakan bahwa timnya WO karena proposal yang diajukan pihak Korea “tidak menanggapi permintaan kami untuk pembagian beban yang wajar dan adil.”

Saat ini Seoul membayar sekitar 890 juta dolar AS untuk membiayai 28.500 pasukan AS yang ditempatkan di Korea Selatan untuk mempertahankan negara itu dari kemungkinan serangan Korea Utara. 

Sumber: voaindonesia.com

Editor: tom.