HETANEWS

Ujian Panwas Kecamatan Gunakan Sistim CAT

M Syafii Siregar

Siantar, hetanews.com - Bawaslu Pematangsiantar tengah merekrut calon Panitia pengawas kecamatan atau Panwascam. Perekrutan kali ini akan menerapkan sistim CAT bukan ujian tertulis seperti tahun sebelumnya.

CAT atau computer assisted test ini digunakan sesuai dengan arahan Bawaslu pusat. Seluruh kota/kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 akan menerapkan ujian berbasis komputer tersebut.

"Sebelumnya kan ujian tertulis, soalnya pilihan ganda, kalau sekarang CAT. Soal-soalnya langsung dari KPU RI," kata Ketua Bawaslu, M Syafii Siregar, Kamis (22/11/2019).

Dijelaskanya, semua rekrutmen di 8 kecamatan di Pematangsiantar akan mengikuti ujian CAT. Total yang dibutuhkan sebanyak 24 orang untuk 3 orang per kecamatan. 

Ujian CAT ini akan dilaksanakan pada 13-17 Desember 2019 di gedung SMK Negeri 1 Pematangsiantar. "Adapun nanti soal-soalnya menyangkut undang-undang Pemilu dan PKPU 2019," katanya.

Perekrutan Panwascam dengan penerapan sistim CAT tentu sedikit menyulitkan sebagian peserta khususnya para orang tua yang sebelumnya pernah bergelut di bidang pemilihan umum. 

Disinggung mengenai tujuan dari penerapan CAT itu, Syafii mengatakan, Panwascam yang direkrut nanti biar lebih profesional.

"Jadi harapannya nanti Panwascam yang lulus itu mempunyai solidaritas, mentalitas kemudian profesional," ungkapnya.

Panwascam yang direkrut untuk Pilkada Pematangsiantar 2020 itu akan bekerja selama 11 bulan. Setelah selesai tahapan Pilkada maka selanjutnya, Panwascam akan kembali direkrut untuk pemilu tahun 2024.

Baca juga: NPHD Belum diteken, Bawaslu Rekrut Panwascam

 

Penulis: gee. Editor: edo.