HETANEWS

Besok Akan dilaunching Pilkada Pematangsiantar 2020

Siantar, hetanews.com - KPU Pematangsiantar akan melaunching pemilihan walikota dan wakil walikota Pematangsiantar tahun 2020. Launching ini menandakan tahapan Pilkada di Kota Pematangsiantar dimulai.

Pelaksanaan launching digelar di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar, besok Sabtu 23 November 2019 pukul 14.00 WIB. Kegiatan ini diwarnai pawai dengan rute Jalan Sutomo-Merdeka Pematangsiantar.

"Besok rangkaian acaranya ada penekanan sirene, pelepasan balon dan hiburan. Launching ini sebagai pemberitahuan kalau Pilkada Pematangsiantar itu sudah dimulai," kata Komisioner KPU Nurbaiyah Siregar, Kamis (22/11/2019).

Dikatakannya, di setiap kota/kabupaten yang melaksanakan pemilihan kepala daerah tahun 2020, melaksanakan launching tersebut. Namun waktu pelaksanaannya berbeda-beda.

Ketua KPU, Daniel MD Sibarani menerangkan, pemilihan tanggal 23 ini disesuaikan dengan jadwal Pilkada Pematangsiantar 2020 yang berlangsung 23 September 2020 yang akan datang.

"Kita memilih tanggal 23 karena hitungan dari tanggal 23 September 2020, jadi pas [terhitung] 10 bulan lagi pelaksanaannya. Jadi tanggal 23 ini akan kita gaungkan terus," imbuhnya.

Daniel menambahkan, pasca launching ini dilaksanakan, KPU akan melakukan kegiatan sosialisasi seperti pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat maupun organisasi. 

Kegiatan launching nanti turut mengundang partai politik, ormas, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, perguruan tinggi dan sekolah. Sesuai dengan undangan, peserta yang hadir ditarget 400 orang. 

Baca juga: Evaluasi Pencalonan DPRD: Keterwakilan Perempuan Minim

Penulis: gee. Editor: edo.