HETANEWS

Tamara dan Teh Manis Bali

Tamara Bleszynsky

Canggu,Bali, hetanews.com - Barangkali aku termasuk salah seorang yang baru tahu dan baru mencicipi menu di Warung Teh Manis Bali. Warung Teh Manis ini milik artis cantik Tamara Bleszynsky yang terletak di daerah Canggu, Denpasar Barat. 

Kalau bukan karena diajak pimpinan, barangkali aku belum pernah sampai ke warung ini. Selain cuaca Bali yang saat ini sangat panas, daerah Canggu rawan macet. Jarak yang tidak terlalu jauh dari Denpasar kota, nyatanya sampai Canggu membutuhkan waktu berjam-jam. Sudah lama, panas, macet pula...klop dah.

Namun, pemandangan menuju Teh Manis Bali ini sangat indah. Kiri kanan masih terlihat hamparan sawah. Meski kekeringan mulai melanda persawahan akibat musim kemarau panjang. 

Dan suasana seperti inilah yang sering dicari para wisatawan, utamanya wisatawan mancanegara untuk berjalan di pinggir jalan sambil sesekali memandangi hamparan sawah yang menyejukkan mata. Wajar saja bila Tamara Bleszynsky membuka warung di Canggu. Pas banget tempatnya untuk bersantai sambil wisata kuliner.

Tepat jam 12 siang aku dan rombongan yang jumlahnya sekitar tiga puluh orang sampai di Warung Teh Manis Bali. Menurut info yang kudengar, karena pimpinanku termasuk salah satu pelanggan Tamara, dan sudah kenal dengan doi, makanya sebelum berangkat ke warung ini beliau menelpon penanggung jawab warung. Biasalah tujuan kami ke Teh Manis Bali ini sebenarnya ingin ketemu Tamara dan bisa swafoto dengannya. 

Ternyata benar. Kedatangan kami mendapat sambutan baik. Kami dipersilahkan masuk kedalam ruangan, dimana ruangan ini dipenuhi dengan lukisan antik. Seolah akupun tengah menonton film horor di bioskop. Sepertinya Tamara suka mengoleksi benda-benda antik. Sedang untuk memesan makanan, kami diharuskan mengantri didepan jendela yang didalamnya terpampang aneka lauk pauk. Sekilas warung milik Tamara ini tampak sederhana.

dokpri: makanan yang kupilih

dokpri: makanan yang kupilih

Seperti layaknya warung makan biasanya, pembeli berada didepan masakan dan memesan makanan yang diinginkannya. Lalu kasir akan menghitung berapa harga makanan yang dipesan pembeli. Dan menu yang ditawarkan di warung ini seperti masakan rumahan yang biasa kita masak. Nasi yang ditawarkan ada dua macam, nasi putih dan nasi beras merah. 

Lauknya terdiri dari: sambal goreng kentang, sambal goreng tempe, kering tempe, balado telur, ayam goreng, tahu goreng bumbu kecap, tumis tahu taoge, urapan, jengkol, telur goreng, pergedel jagung dan masih banyak lagi. 

Sedang sambalnya ada sambal matah, ada pula sambal merah. Untuk minumnya tersedia teh manis, jeruk, jamu dan es campur. Bagi yang ingin menikmati makanan berkuah, tersedia juga soto ayam. Atau yang ingin snack, disediakan kue lumpur atau dadar gulung.

dokpri: es campur andalan Teh Manis Bali

dokpri: es campur andalan Teh Manis Bali

Benar-benar masakan rumahan dan sangat tradisional. Kesannya kita tidak di Bali, karena masakan yang disediakan cocok banget dengan lidah orang Jawa sepertiku. Apalagi es campurnya. Duh bener-bener banyak isinya. Makanya kalau memilih nasi beras merah dan beberapa macam lauk, minumnya cukup air putih atau teh saja. Kalau makannya pakai nasi beras merah dan minumnya es campur...duh bakal mubazir es campurnya.

dokpri:foto bareng Tamara berasa diriku pendek

dokpri:foto bareng Tamara berasa diriku pendek

Tadinya aku mengira Teh Manis Bali ini memang hanya teh manis andalannya. Ternyata ini hanyalah nama yang dipilih Tamara untuk warungnya. Dan berbicara tentang Tamara, ternyata banyak temanku yang belum tahu kalau selama ini Tamara menetap di Bali dan mempunyai warung di daerah Canggu. Saat aku share foto bareng Tamara, banyak yang bertanya, "dimana ketemu Tamara?" Setelah kujawab di warungnya, barulah mereka tahu.

Barangkali bagi seorang Tamara, tinggal di Bali dan mencari kesibukan dengan membuka warung serta membantu kaum disabilitas menjadi caranya mencari ketenangan hidup. Ini hanyalah sedekar pradugaku saat membaca caption di akun instagramnya, dimana hal yang menakutkan ketika dia harus diminta untuk kembali ke Jakarta. 

Dan memang benar, berada di warung Tamara yang sekaligus menjadi tempat tinggalnya, rasanya memberikan ketenangan dan kenyamanan hidup. Yaa...mungkin inilah cara Tamara menghibur diri sambil menata hati.

dokpri

dokpri

Aku rasa Tamara adalah seorang yang humble dan baik hati. Buktinya ia lebih sering berada di dapur sambil menemani para pelayan warung menyiapkan makanan pesanan pelanggan. Bahkan, ketika pelanggan mengajaknya berswafoto, ia pun tak merasa risih atau capek melayaninya. Bahkan dengan telatennya ia layani satu persatu pelanggan yang ingin mengajaknya berfoto. 

Dan warung Teh Manis Bali ini menjadi salah satu wisata kuliner bagi Anda yang ingin merasakan masakan rumahan di Bali dengan bonus foto bareng artis Tamara Bleszynsky.

Sumber: kompasiana.com

Editor: tom.