HETANEWS.COM

Ini Tahapan Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa Sampah

Tumpukan sampah di Pasar Dwikora Parluasan 11 November 2019.

Siantar, hetanews.com - Kadis Lingkungan Hidup [DLH] Pematangsiantar, Dedy Tunasto Setiawan mengatakan, proyek pembangkit listrik tenaga biomasa sampah di Pematangsiantar masih dalam tahap feasibility study.

"Sekarang masih dalam penyusunan feasibility study, namanya. Habis itu nanti kita kirimkan ke Kementrian Lingkungan Hidup [KLH] untuk mendapat pendapat atau pandangan dari mereka, layak atau tidak," kata Dedy, Kamis (21/11/2019).

Dari KLH, sambung Dedy, kemudian akan dilakukan konsultasi publik yang menghadirkan para pemangku kepentingan seperti DPRD Pematangsiantar dan Pemko Pematangsiantar.

"Dalam konsultasi publik ini, kita akan bahas apakah kita membicarakan soal bangun guna serah atau, mereka bangun dulu setelah 30 tahun baru sama kita, atau mereka bangun kita yang gunakan," jelasnya

Lahan untuk pembangkit listrik tenaga biomasa sampah tersebut, kata Dedi, adalah lahan milik Pemko Pematangsiantar. Dikatakannya, proyek pembangunan akan selesai tahun 2020.

"Target kita sebenarnya lebih cepat lebih baik. Kalau mereka cepat melakukan feasibility study, maka kita akan cepat ke KLH,"jelasnya.

Menurut Dedy, Hampir 95 persen sampah yang terangkat dari Kota Pematangsiantar. Sekitar 60 persen lagi dari sampah itu terolah, dan sebagian lagi termanfaatkan. 

Untuk diketahui, Walikota Hefriansyah telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Solusi Energi Ramah Lingkungan dalam proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga biomasa sampah, Selasa 28 Agustus 2018.

Nota kesepahaman yang ditandatangani Hefriansyah dengan Charles Budi Doku dari PT Solusi Energi Ramah Lingkungan, bertujuan untuk pengadaan sistem listrik tenaga sampah dan pengelolahan sampah di Kota Pematangsiantar.

Direncanakan pembangkit listrik tersebut dibangun di wilayah Kecamatan Siantar Martoba.

"Yang jelas peruntukan listrik kepada masyarakat. Nanti ada juga  perjanjian dengan PLN sesuai dengan aturan yang ada," tutup Dedi.

Baca juga: Peduli Lingkungan, PLN dan DLH Resmikan Bank Sampah

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan