HETANEWS

Singgung Kasus Ahmad Dhani saat Debat, Irma ke Fadli Zon: Belum Move On

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Jakarta, hetanews.com - Mantan Wakil Ketua DPR Fadli Zon terlibat perdebatan sengit dengan Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman dan Politisi NasDem Irma Suryani Chaniago dalam acara Mata Najwa, Rabu (20/11/2019) malam.

Ketiganya beradu argumen dalam acara yang mengangkat tema Membaca Jokowi di Jilid 2 tersebut.

Fadli mulanya membeberkan empat beban yang menghantui pemerintahan Jokowi yang meliputi: masyarakat terbelah, konfrontasi dengan umat, kegagalan ekonomi dan mundurnya demokrasi. Namun hal itu dianggap berlebihan oleh Fadjroel Rahman, khususnya mengenai kemunduran demokrasi.

"Menurut catatan saya, Anda terlalu berlebih-lebihan untuk menyatakan itu, tidak ada satupun upaya kami untuk menyentuh kritik Anda berdua, Anda Fadli dan termasuk Bang Fahri tidak pernah menyentuh," ujar Fadjroel Rachman.

Fadli lantas mengungkit kasus yang menyeret musisi Ahmad Dhani. Ia menilai hukuman yang diberikan berlebihan.

"Nah kita (Fadli dan Fahri Hamzah) kebetulan anggota DPR. Sekarang Ahmad Dhani, apa urusannya dia ngomong seperti itu dipenjara sampai satu tahun," kata Fadli Zon. Fadjroel Rahman pun menjawab, "Negara ini negara hukum," .

Belum tuntas Fadjroel memberi penjelasan, Irma Suryani menyela, meminta kesempatan Najwa Shihab untuk mendebat Fadli.

"Nana sebentar, saya mau sampein ke adik saya ini. Bagaimana mungkin yang namanya Ahmad Dhani berbicara kotor kepada Presiden kemudian dia tidak ditangkap. Manusia macam apa?" kata Irma sambil menunjuk wajah Fadli Zon. "Enggak yang mana? kita sudah kehilangan konteks," bantah Fadli Zon.

Irma melanjutkan, negara Indonesia adalah negara hukum yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), sehingga siapapun tidak boleh asal melontarkan caci maki. Oleh sebab itu, ia menyebut Fadli Zon belum bangkit dari kasus lawas.

"Dhani punya HAM, Pak Jokowi juga punya HAM, nggak bisa. Fadli ini belum sadar-sadar, Fadli ini belum move on kalau Fahri sudah move on," tandas Irma.

Namun Fadli memberi pembelaan jika dirinya hanya memberikan contoh, "Kasus Ahmad Dhani ini tidak ada caci maki presiden, kan tadi diminta contohnya," ucapnya. Perdebatan keduanya pun seketika membuat riuh penonton di studio.

Sumber: suara.com 

Editor: suci.