HETANEWS

Program Pintar Tanoto Foundation Melalui Karya Praktik Baik

Wali Kota Siantar saat melihat kreasi anak pintar. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Tanoto Foundation unjuk karya praktik baik program pintar yang telah dilaksanakan, pada Rabu (20/11/2019), lalu, di Gedung Auditorium Kampus  USI, jalan SM Raja Siantar.

Menurut Margaretha Ari Widowati, selaku Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, sebagai lembaga filantropy keluarga yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingai Tanoto, jika pendidikan berkualitas akan mempercepat kesetaraan peluang.

“Tanoto Foundation sebagai lembaga filantropy keluarga telah beroperasi sejak 1981, dan memiliki 3 program utama. Salah satunya adalah program pintar. Apa yang dilakukan  telah selaras dengan program pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan. Dimana  inovasi pendidikan sangat kita butuhkan saat ini, kebebasan untuk mencoba hal-hal baru , tersedianya sumberdaya manusia yang cukup, serta adanya kesamaan tujuan sehingga kita berharap program Pintar dapat menjawab kebutuhan tersebut, “ungkapnya.

Tanoto Foundation juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan seluruh pihak yang terlibat didalam mendukung keberhasilan program pintar, di Kota Pematangsiantar. Demikian dikatakan humas Nahri Tanoto, kepada wartawan, Kamis (21/11/2019), di Siantar.

Acara Unjuk Karya Praktik Baik Program Pintar Tanoto Foundation yang digelar di Kota Siantar tersebut, dihadiri Walikota, Hefriansyah SE MM yang sangat mengapreseasi program pintar melalui Unjuk Karya Praktik Baik. 

Menurut Hefriansyah, Pemerintah Kota Pematangsiantar selama satu tahun belakangan ini menghadirkan program pintar inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan bekerjasama dengan Tanoto Foundation. Pendidikan menjadi kunci untuk mencerdaskan putra-putri penerus bangsa, katanya.

Banyak tokoh-tokoh besar lahir dari kota Pematangsiantar, yang tentunya tidak terlepas dari peran serta bapak ibu guru dalam mendidik dan menanamkan budaya belajar yang terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman, katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati, Ketua Yayasan Universitas Simalungun, Amsar Saragih, Anggota DPRD Komisi Pendidikan, Polres, Kodim dan SKPD di lingkungan Pemko Pematangsiantar.

Hefriansyah juga menyampaikan apreseasinya kepada Tanoto Fundation yang telah mendidik dan memberikan perhatiannya kepada para guru melalui program pintar.

Menurutnya acara unjuk karya pendidikan dari 24 sekolah mitra SD, MI, SMP dan MTs dengan menampilkan hasil pembelajaran melalui pameran dan presentasi para siswa, telah memperlihatkan dampak yang baik. Dengan harapan dapat dikembangkan keseluruh sekolah di Kota Pematangsiantar.

Acara pameran juga diselingi bincang pendidikan dengan menghadirkan pembicara dari Penasehat Teknis Tanoto Foundation, Stuart Weston. Koordinator Perguruan Tinggi Program Pintar, Prof. Sri Minda Murni, Rektor Universitas Simalungun, Dr. Corry Purba, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar, Drs. Eddy Nuah Saragih, perwakilan Kementerian Agama Kota Pematangsiantar dan perwakilan guru SMPN 9 Pematangsiantar, Fitri Rayani Simbolon serta Kepala Sekolah SDN 122375 Siantar Utara, Murniati Nasution.

Dan dihadiri oleh 450 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru, dan mahasiswa USI.

Penulis: ay. Editor: gun.