HETANEWS

Bahas Kesejahteraan dan Keamanan, Kapolres Simalungun Rakor bersama Forkompimda

Foto bersama usai rapat kordinasi (Rakor), Rabu (20/11/2019), di Auditorium T. Johan Garingging Universitas Efarina, di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

Simalungun, hetanews.com – Menyamakan visi pembangunan nasional, pihak Polres Simalungun bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, menggelar rapat kordinasi (Rakor), Rabu (20/11/2019), sekira pukul 13.30 WIB, di Auditorium T. Johan Garingging Universitas Efarina, di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

Pertemuan tersebut, tampak dihadiri langsung oleh Bupati Simalungun, Dr J.R Saragih, S.H. M.M, Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K., M.Si., Dandim 0207/Sml, Letkol Inf. Frans Kishin Panjaitan, M.P.M, Ketua Pengadilan Negeri Simalungun, Kejaksaan Negeri Simalungun, Dandenpom Siantar, Pangulu, Sekdes, Gamot, dan seluruh stakeholder se - Kabupaten Simalungun.

Dan tak luput, Wakapolres Simalungun, para Kabag, Kasat, Kapolsek sejajaran Polres Simalungun dan diikuti peserta sekitar 1000 orang.

Pelaksanaan kegiatan tersebut, sebagai bentuk kewenangan Pemkab Simalungun untuk menyelenggarakan pemerintahan yang mencakup semua bidang, meliputi kebijakan tentang perencanaan nasional dan pengendalian pembangunan nasional secara makro, dana perimbangan keuangan dan pemberdayaan sumber daya manusia, pendayagunaan sumber daya alam, serta teknologi tinggi yang strategis, konservasi, dan standarisasi nasional, khususnya di wilayah Simalungun.

Suasana rapat kordinasi (Rakor), Rabu (20/11/2019), sekira pukul 13.30 WIB, di Auditorium T. Johan Garingging Universitas Efarina, di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

Sekalipun tidak memiliki kewenangan dalam hal mengatur masalah pertahanan keamanan, di sebuah daerah, namun Bupati Simalungun tentu memiliki kewajiban untuk memajukan kesejahteraan masyarakatnya, dengan menggandeng seluruh Forkompimda Simalungun.

Polres Simalungun, memiliki peranan yang sangat besar dalam menciptakan rasa aman dan tertib di wilayah Simalungun, bahkan sampai menyentuh kehidupan masyarakat dalam satuan terkecil. Termasuk dalam sebuah nagori/desa.

Untuk itu, tentu saja Polres Simalungun harus memperkuat hubungan yang sinergi diantara unsur-unsur pemerintahan di Kabupaten Simalungun, terutama dengan unsur-unsur badan, lembaga, instansi lain, serta masyarakat, dengan mengembangkan asas partisipasi dan subsidiaritas.

Dengan menjalin hubungan kerja sama Polres Simalungun dengan pihak lain, dimaksudkan untuk kelancaran tugas Polres Simalungun secara fungsional, dengan tidak mencampuri urusan instansi masing-masing.

Khusus hubungan kerja sama dengan Pemkab Simalungun adalah memberikan pertimbangan aspek keamanan umum kepada Pemkab dan instansi terkait, serta kegiatan masyarakat. Yaitu dalam rangka menegakkan kewibawaan penyelenggaraan pemerintahan di Simalungun, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Para peserta saat mengikuti jalannya rapat kordinasi (Rakor), Rabu (20/11/2019), di Auditorium T. Johan Garingging Universitas Efarina, di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

Karena itulah pelaksanaan kali ini, dibutuhkan sebuah wadah koordinasi yang dapat mengsinkronkan tugas-tugas pemerintahan di Simalungun, dalam menciptakan rasa aman dan tertib tersebut.

Nantinya, forum musyawarah pimpinan daerah, hendaknya dapat lebih digalakkan kembali, demi mencapai kesejahteraan masyarakat dan mendukung kebijakan pemerintah pusat.

Dan forum koordinasi tersebut, bukanlah sebuah forum formalitas belaka, melainkan sebuah forum terkoodinir yang memiliki peran dan tugas yang sangat penting.

Dengan diselenggarakannya pelaksanaan rapat kerja ini, harapannya, unsur Forkompimda Simalungun harus dapat bersinergi dalam sebuah wadah yang kuat dan saling melengkapi.

Dengan begitu, harapan tidak terjadi konflik-konflik sosial di masyarakat Simalungun yang disebabkan karena lemahnya keberadaan Muspida di Simalungun tidak akan terjadi.

Penulis: tim. Editor: gun.