HETANEWS

Budi ditempatkan Ke Satpol PP, Hefriansyah Ingatkan Kusdianto

Walikota Hefrianyah dan Pj Sekda Kusdianto berfoto bersama dihadapan awak media, Rabu (20/11/2019)

Siantar, hetanews.com - Kadis Pariwisata, Kusdianto dilantik sebagai Penjabat [Pj] Sekda  untuk menggantikan posisi Budi Utari. Oleh Walikota, Budi dibebas tugaskan dari jabatannya dan ditempatkan ke Satpol PP Pematangsiantar. Walikota mengingatkan Kusdianto untuk tidak melampaui kewenangan jabatan, Rabu (20/11/2019).

Dalam sambutannya, Hefriansyah menegaskan bahwa dirinya sebagai kepala daerah sekaligus Pejabat Pembina Kepegawaian [PPK] berkewenangan mendidik ASN dilingkungan pemerintahannya.

"Saya kepala daerah sekaligus pejabat pembina kepegawaian, daerah berhak memberikan reward bagi bagi ASN atau instansi, atau sebaliknya saya juga berkenan memberikan punishment bagi yang bertindak indispliner," katanya

"Tujuannya adalah pembinaan, dengan kata lain adalah memperbaiki PNS dan mendidik PNS yang melakukan pelanggaran sipil agar menyesal dan memperbaiki diri dimasa yang akan datang," pungkasnya.

Masih membacakan sambutannya, Hefriansyah mengingatkan para ASN khususnya Penjabat Sekda Kusdianto  supaya tidak melanggar kode etik dan menyalah gunakan wewenang.

"Jangan menyalahgunakan kewenangan dan jangan melakukan pelanggaran kode etik yang berlaku dalam ASN. Jangan sekali-sekali melakukan pelanggaran disiplin yang menjatuhkan harkat martabat sebagai PNS," katanya.

Usai pelantikan, Plh Badan Kepegawaian Daerah [BKD], Zainal Sihaan yang ditemui di lokasi pelantikan mengatakan, surat penempatan Budi ke Kantor SatPol PP sudah diserahkan langsung kepada yang bersangkutan. 

"Sudah lama kita serahkan, penugasan terakhir itu diserahkan tanggal 11 November 2019," kata Zainal, ditemui usai pelantikan Pj Sekda, di Balaikota Pematangsiantar, Rabu (20/11/2019).

Zainal mengaku belum mendapat laporan, jika Budi setelah ditugaskan jarang masuk kerja. Dikatakannya, soal kedisplinan itu urusan kepada pimpinan.

"Belum dapat laporan saya, kan itu kewenanggan atas langsung [Kasat Pol PP], atasan langsung nanti menegurnya," kata Zainal. 

Ditempat yang sama, Kabag Humas Protokeler, Hammam Sholeh mengatakan, jika sampai saat ini Budi Utari berstatus sebagai ASN dilingkungan Pemko Pematangsiantar.

"Kalau memang mau pindah, iya harus mengundurkan diri. Sampai sekarang belum ada pengunduran dirinya dari status ASN di Pemko Siantar," ujar Sholeh menambahkan.

Baca juga: Walikota Lantik Kusdianto Sebagai Pj Sekda Masa Jabatan 3 Bulan

Penulis: gee. Editor: edo.