HETANEWS

Pencuri Vixion di Kantor Pengadilan Diganjar 5 Tahun Penjara

Terdakwa Pranoto saat digiring petugas, usai divonis 5 tahun penjara. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Nekat mencuri sepeda motor di kantor Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Pranoto (49), akhirnya diganjar 5 tahun penjara.

Vonis majelis hakim, Roziyanti SH, Aries Ginting SH dan Justiar Ronald SH, yang dibacakan dalam persidangan, Rabu (20/11/2019) itu, sama (konform) dengan tuntutan jaksa.       

Sebelumnya, Pranoto dihukum 1 tahun, di PN Siantar, dalam kasus yang sama (Curanmor,red), di kantor DJP Wilayah Sumut, jalan MH Sitorus Siantar.

Warga Dusun Tanjung Selamat, Nagori Mekar Sari Raja, Kecamatan Panei Tongah ini, dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 363 (1) ke-4 KUH Pidana.        

Pranoto terbukti mencuri vixion merah BK 5308 TAS yang terparkir di halaman kantor Wakil Tuhan itu.

Pencurian itu, dilakukan terdakwa, pada Selasa, 30 Oktober 2018 lalu, sekira pukul 16.30 WIB, milik saksi korban, Rizky Afrilandi Tarigan (mahasiswa yang sedang magang di kantor tersebut).        

Awalnya, terdakwa sedang mengunjungi temannya yang disidangkan di Pengadilan. Saat hendak pulang, timbul niatnya untuk mencuri sepeda motor yang terparkir di halaman kantor.     

Terdakwa merusak kunci kontak dengan obeng yang dipinjam dari bengkel yang ada di sebelah kantor Pengadilan, jalan Asahan Km 4.

Dengan alasan, terdakwa akan memperbaiki motornya yang rusak di dekat Pengadilan.           

Lalu Yamaha Vixion milik Rizky, dibawa ke arah Limapuluh dan dijual seharga Rp 3,5 juta kepada seorang laki-laki yang tidak dikenalnya, saat terdakwa minum di sebuah warung. Uang hasil penjualan dibawa pulang dengan naik kendaraan umum.            

Penulis: ay. Editor: gun.