HETANEWS.COM

3 Kurir Sabu-Sabu di Medan Terima Vonis, 2 di Antaranya Hukuman Mati

Tiga terdakwa saat mendengarkan vonis hakim akibat kasus narkoba jenis sabu-sabu.

Medan, hetanews.com - Sebanyak dua kurir sabu-sabu divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Kabanjahe di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (19/11/2019). Sementara satu terdakwa lagi divonis hukuman penjara seumur hidup.

Kedua kurir yang dihukum mati yakni Setiawan Al Ghazali alias Wan (23) dan Susanto alias Awi (36). Setiawan merupakan mantan personil kepolisian yang berpangkat Bripda dan bertugas di Polda Riau.

Sedangkan terdakwa Awi Kevin alias Adi divonis penjara seumur hidup. Mereka dinyatakan bersalah memiliki 60 kilogram sabu-sabu saat ditangkap BNN di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Jumat (12/4/2019).

Dalam amar putusan Ketua Majelis Hakim Ulina Marbun, ketiga terdakwa secara sah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. "Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana mati,” kata Ulina dalam putusannya.

Vonis majelis hakim ini hampir sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya JPU meminta agar ketiganya dijatuhi hukuman mati. Menyikapi vonis itu, ketiga terdakwa sepakat melakukan banding.

Perkara ini berawal saat Setiawan meminta pekerjaan kepada temannya, Susanto yang merupakan kurir narkotika. Keduanya sepakat mengantar sabu-sabu ke Sumatera Utara dengan upah Rp20 juta.

Selanjutnya dari perencanaan itu ke duanya berangkat ke Bengkalis, Riau dan bertemu dengan tersangka lain, Awi Kevin dan beberapa orang lainnya. Ditempat itu Awi menyerahkan mobil Toyota Innova warna abu-abu dengan nomor polisi BM 1033 BA yang berisi beberapa karung sabu-sabu kepada ke duanya.

Paket sabu-sabu itu milik Atian yang kini masuk DPO polisi. Sabu-sabu ini rencananya akan dikirim ke Medan, Sumatera Utara.

Saat dalam perjalanan, mobil mereka dihentikan petugas BNN. Saat diperiksa, petugas menemukan 60 bungkus sabu-sabu di dalam kendaraan itu. Selanjutnya dalam pengembangan kasus, tersangka Awi Kevin juga ditangkap.

sumber: inews.id

Editor: sella.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!