HETANEWS

Mahfud MD soal Rizieq Shihab: Kalau Ingin Pulang Saya Pulangkan, tapi....

Jakarta, hetanews.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, kembali angkat bicara terkait kabar pencekalan terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, di Arab Saudi. Sebagai perwakilan Pemerintah RI, Mahfud siap membantu Rizieq jika tersandung masalah hukum, bahkan juga kepulangannya ke Tanah Air.

“Kalau saya sebagai pemerintah, kalau Habib Rizieq punya masalah hukum saya harus melindungi, kalau ingin pulang saya pulangkan, tetapi kan dia tidak pernah lapor masalahnya apa,” ujar Mahfud dalam wawancara live bersama iNews, Selasa (19/11/2019) malam.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menuturkan, dia telah bertanya kepada seluruh instansi terkait di Indonesia mengenai masalah pencekalan yang dikabarkan dialamatkan kepada Rizieq Shihab. Namun, hasilnya nihil.

“Saya sudah tanya diseluruh instansi yang terkait di Indonesia mulai dari Polri, Kemenkumham, Imigrasi, BIN, Kemenlu, Kemendagri ndak ada pencekalan. Sehingga kalau memang dia dicekal mana surat pencekalannya itu? Tunjukkan ke saya apakah itu dari pemerintah Arab Saudi atau dari atas permintaan Indonesia,” kata dia.

Mahfud juga telah membaca surat yang diklaim Rizieq sebagai pencekalan dari Pemerintah Indonesia. Di dalam surat tersebut dikatakan, pencekalan yang dikirim kepadanya melalui aplikasi pengiriman pesan berisikan bahwa Rizieq mendapatkan pelarangan keluar dari Arab Saudi saat hendak meminta visa.

“Ketika minta visa itu langsung keluar jawaban bahwa Muhammad Habib Rizieq Shihab warga negara Indonesia nomor paspor sekian dilarang keluar dari Arab Saudi karena alasan keamanan. Di situ tidak disebut apakah atas permintaan Pemerintah Indonesia atau alasan apa kita tidak tahu. Kok dia lapor aja ke KJRI di situ atau ke KBRI bahwa saya merasa bersalah,” ucap Mahfud.

sumber: inews.id

Editor: sella.