HETANEWS

Odong-odong Permainan yang Sangat Digandrungi Banyak Anak-anak, Ini Saran Warga

Anak - anak tampak senang menaiki Odong - odong di inti kota Siantar. (foto/res)

Siantar, hetanews.com – Odong - odong, siapa yang tidak mengetahui permainan anak-anak yang satu ini. Permainan yang sangat digandrungi anak-anak dengan biaya yang sangat murah.

Anak-anak yang menaiki permainan itu, langsung melihat beragam warna warni cahaya lampu yang digantung, di sekeliling permainan tersebut.

Harga yang sangat fantastis murah, menjadi salah satu alasan para orangtua untuk membawa anak – anaknya, naik odong-odong. Yaitu harga berkisar Rp 1000 untuk satu lagu dan Rp 5000 untuk tiga lagu.

Namun didalam pekerjaan tersebut, para pekerja maupun pemilik permainan itu, banyak menuai anggapan baik maupun buruk yang harus diterima.

Seperti diungkapkan Iqbal yang sangat menyesalkan tudingan miring masyarakat, yang menyebut odong-odong sebagai sumber kemacetan lalu lintas.

"Padahal, kita bekerja dari jam 16.00 WIB hingga jam 22.00 WIB. Lagi pula, jalan yang dilalui lewat pinggiran kota, bukan jalan inti kota. Pekerjaan kita juga untuk menghibur anak - anak, dan kita mendukung program serta kelancaran lalu lintas kota ini," ungkapnya saat berada di Jalan H Adam Malik, Kecamatan Siantar Barat, Selasa (19/11/2019) sore.

Sementara itu, salah satu warga, bernama Tya mengatakan, bahwa keberadaan odong-odong tidak menggangu, karena keberadaan odong-odong hanya sebagai sarana hiburan anak - anak.

"Sama sekali tidak menggangu, kalau bisa odong-odong ini dilestarikan lagi, karena banyak anak - anak yang suka naik dan harganya juga terjangkau, jadi tidak mengocek kantong lebih dalam,"sarannya, sembari tersenyum.

Penulis: res. Editor: gun.