HETANEWS

Akan Pensiun, 312 Personil di Jajaran Polda Sumut Diberikan Pembekalan

Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K, membacakan arahan dari Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, pada kegiatan pembekalan para personil yang akan pensiun, di Aula Tribrata Mapolda, Selasa (19/11/2019). (Foto/Lord)

Medan, hetanews.com  - Wakapolda Sumatera Utara (Sumut), Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, membuka secara resmi kegiatan pembekalan dan pelatihan keterampilan kewirausahaan untuk Pegawai Negeri jajaran Polda Sumut Gelombang II T.A 2019.

Acara ini, dipustkan di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Selasa (19/11/2019), yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

Pembekalan tersebut, diikuti 312 orang personil yang akan pensiun, pada gelombang II Tahun 2019. Kegiatan ini sendiri bertemakan "Siap Pensiun Bahagia, Sehat dan Produktif".

Hadir dalam kegiatan ini, Regional Bisnis Leader BTPN Sumatera I, Syafiar Marsyanto, Kepala PT. Asabri Medan, Yonafia, SH, MH, motivator dari CEO Quanta Edutama Indonesia, Qodrisyah, SIP, Karo SDM Polda Sumut, serta para peserta.

Dalam arahannya, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, yang dibacakan Wakapolda, menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena bertujuan untuk membantu kesiapan moril para anggota yang akan memasuki masa pensiun.

Diharapkan nantinya, para anggota yang akan pensiun tetap dapat mempertahankan performa kinerjanya, sampai masa tugas berakhir, serta memahami potensi diri dan dapat menentukan kegiatan yang sesuai, menyenangkan, sehat dan produktif dalam mengisi masa pensiun nantinya.

Pada kesempatan itu, peserta pelatihan dibekali dengan pengenalan berbagai kewirausahaan, seperti pembuatan ulos, budidaya hidroponik, beternak ayam potong, dan usaha kopi.

Karena kewirausahaan itu, dinilai dapat dijadikan referensi kegiatan oleh para personil jika sudah pensiun  nanti.

Wakapolda juga turut berpesan kepada personil yang akan pensiun, supaya  mewariskan hal positif bagi institusi, rekan kerja, atasan maupun bawahan.

"Siapkan diri untuk menjadi masyarakat biasa, cepat beradaptasi untuk bersosialisasi, hindari sikap ekslusivisme dan ikuti setiap kegiatan kemasyarakatan, di lingkungan masing-masing, sehingga pada saat pensiun nanti, kita benar-benar dapat diterima sebagai warga negara yang baik,"pinta Mardiaz.

Ia menambahkan, ke depan nanti, para personil di jajaran Polda sudah dipersiapkan sebelum pensiun, paling lama 5 tahun lagi. Itu diharapkan akan lebih mempertebal rasa percaya diri dan membekali para personil yang akan pensiun, katanya.

Sementara itu, Leader Bank BTPN Sumatera I, Syafiar, menyampaikan, bahwa memasuki era digital pada saat ini, Bank BTPN telah membuat sistem digital dan telah mengembangkan program untuk meningkatkan kapasitas nasabah. Sehingga para anggota Polri yang memasuki masa pensiun, kata Syafiar, akan mendapat pelayanan yang terbaik dari Bank BTPN.

"(Bank BTPN) memberikan peluang wira usaha seperti wara laba, bisnis, dagang, dan lainnya yang bisa di jalankan di masa purna tugas,"kata Syafiar.

Penulis: tim. Editor: gun.