HETANEWS

Ini Jumlah DAK yang Diterima Pemko Pematangsiantar

Kota Pematagsiantar

Siantar, hetanews.com - Dana Alokasi Khusus [DAK] yang sudah masuk ke Pemko Pematangsiantar saat ini berjumlah Rp 103 Miliar lebih. DAK dialokasi untuk belanja tidak langsung yaitu tunjungan profesi guru sebesar Rp 85 Miliar lebih. 

Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga menuturkan, DAK yang diterima Rp 103 Miliar itu terdiri dari DAK fisik dan non fisik maupun penugasan. 

Selain DAK yang sudah masuk itu, kata Timbul, masih ada kepala OPD yang sedang menandatangani DAK.

"Memang sudah ada yang sudah masuk [DAK]. Baru kita terima juga salah satu kepala OPD sedang menandatangani nota DAK di pusat jadi belum final seluruhnya," kata Timbul, Selasa (19/11/2019).

"Jadi sampai saat ini ya, untuk saat ini ada sekitar 103 Miliar DAK fisik dan Non fisik maupun penugasan. DAK untuk belanja tidak langsung untuk tunjungan profesi guru senilai Rp 85 Miliar lebih," katanya menambahkan.

Disinggung mengenai adanya pemborosan anggaran yang ditemukan di sekretariat daerah, pihaknya dalam rapat Badan Anggaran dengan tim anggaran pemerintahan daerah [TAPD] akan lebih selektif.

"Itu nanti kita lihat daya gunanya dan kita pertanyakan untuk berapa orang, karena kita tahu sekretariat daerah itu terdiri dari beberapa asisten dan bagian. Nanti untuk lebih selektif, kita akan pertanyakan di badan anggaran," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya akan melihat pemaparan dari TAPD dan usulan-usulan pendapat dari Banggar.

"Kita lihat nanti saran dari badan anggaran. Karena kita tidak bisa membatasi saran dan usulan dari badan anggaran. Artinya kan, kita lihat nanti dengan pemaparan dari TAPD pastinya nanti efisien, efektif ekonomis," pungkasnya.

Baca juga: Ditemukan Pemborosan Anggaran Sekretariat Daerah, Humas Pemko Rp 1,9 M

Penulis: gee. Editor: edo.