HETANEWS

Kapolri Copot Kapolres Gara-Gara Ngobrol, Dulu Presiden SBY juga Pernah Dibuat Murka

Jakarta, hetanews.com - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mencopot AKBP Asep Darmawan dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar. AKBP Asep Darmawan dicopot karena terpergok mengobrol saat Kapolri tengah memberikan arahan ketika memimpin apel Kasatwil.

Pencopotan jabatan tersebut tertuang dalam surat telegram nomor ST/3094/XI/KEP./2019 tertanggal Senin, 18 November 2019. Posisi Kapolres Kampar kini ditempati oleh AKBP Mohammad Kholid yang sebelumnya menjabat sebagai Direskrimum Polda Riau.

Peristiwa perwira mengobrol hingga membuat geram atasan ternyata bukan kali ini saja terjadi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga dulu pernah dibuat geram atas ulah perwira TNI-Polri mengobrol. Berikut ulasannya:

  • SBY Geram Perwira TNI-Polri Mengobrol Saat Dirinya Pidato

Peristiwa perwira TNI-Polri mengobrol di tengah-tengah pimpinan pidato juga pernah terjadi pada 2012 lalu. Fatalnya, saat itu mereka mengobrol ketika Presiden SBY tengah berpidato.

Saat itu, Presiden SBY tengah memberikan kuliah umum di hadapan 1.000 perwira siswa Sesko TNI, Sesko Angkatan dan Sespimmen Polri. Materi yang dibahas adalah perkembangan Geopolitik di Asia Pasifik 

Namun, ketika hendak menyampaikan dampak implikasi geopolitik terhadap Indonesia, Presiden SBY lebih dulu menegur sejumlah perwira yang duduk berada di jajaran paling depan.

  • Para Perwira dan Tamu Langsung Diam

Sontak sejumlah tamu undangan dan peliput terkaget atas teguran SBY itu. Bahkan perwira itu langsung terlihat terdiam.

"Kalian satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, kayaknya bicara terus," tegur SBY dengan intonasi tegas kepada perwira yang duduk di barisan depan di sela kuliah umum di Gedung Sudirman, Markas Besar Angkatan Darat Sekolah Calon Perwira (Secapa AD), Jalan Hegarmanah, Bandung, Jumat (29/6/2012) lalu.

"Kalian tahu mendengar itu adalah bagian dari menyempurnakan kepribadian. Kalau ada orang bicara harus mendengar," tunjuk SBY kepada perwira itu.

Tak lama teguran dilayangkan, selanjutnya SBY yang terlihat kesal kembali melanjutkan memberikan materi kembali. "Baik saya teruskan kembali," ujarnya. 

Sumber: merdeka.com 

Editor: suci.